Inilah 4 Makanan Khas Maluku yang Wajib Dicoba Kelezatannya

Makanan Khas Maluku
Kue Terang Bulan Kenari khas Maluku.

TURISIAN.com – Tamasya ke Maluku jangan hanya menikmati objek wisata alam dan sejarahnya saja. Tapi akan lebih lengkap kalau Sobat Turisian mencicipi makanan khasnya. Aneka makanan khas Maluku ini memiliki cita rasa autentik dengan resep warisan leluhur.

Makanan khas Maluku ini berasal dari berbagai daerah yang ada di kepulauan tersebut. Meski bumbu dan bahannya sederhana, namun kelezatannya tak usah diragukan lagi karena sudah mampu bertahan dari dulu.

Berikut ini ada 4 makanan khas Maluku yang wajib Sobat Turisian cicipi saat berkunjung atau berlibur ke provinsi di Indonesia Timur tersebut.

1. Terang Bulan Kenari Maluku

Makanan dari Maluku yang pertama ada Kue Terang Bulan Kenari. Kudapan ringan ini dapat Sobat Turisian temui di Desa Tomalehu Barat, Manipa. Terbuat dari adonan tepung dan memasaknya di atas teflon, seperti martabak terang bulan pada umumnya.

Pembeda kudapan ini dengan terang bulan lainnya terletak pada isiannya berupa kenari khas Manipa. Isian kenarinya sudah melalui proses penghalusan lalu ditabur ke dalam kue terang bulan. Sehingga membuat rasa kue ini kian gurih serta memiliki keunikan tersendiri.

2. Kue Tart Pala Maluku

Makanan Khas Maluku

Masih dari daerah Manipa Maluku, ada juga kue tart pala yang merupakan kudapan ringan khas olahan masyarakat setempat. Tepatnya di Desa Tomalehu Barat.

Perbedaan terbesar dengan kue tart pada umumnya, makanan khas Maluku ini dipotong kecil-kecil dan ada bubuk pala di bagian atasnya.

Baca juga: Wisata ke Pantai Ngurbloat Maluku, Pantai dengan Pasir Terhalus di Asia

Proses pembuatannya, dengan memanggang adonan kue di dalam oven panas hingga berubah warna, baru siap untuk disajikan. Biasanya, kue yang sudah jadi akan dibungkus dalam kemasan yang siap untuk menjualnya.

3. Kue Cara Ikan Asar Maluku

Makanan Khas Maluku

Kuliner Maluku berikutnya masih berupa kue yang bernama Kue Cara Ikan Asar. Kudapan ringan ini dapat Sobat Turisian jumpai di berbagai kedai makanan di Maluku ketika pagi dan sore.

Meski terdapat di daerah lain di Indonesia, namun Kue Cara khas Maluku ini sedikit berbeda. Karena adanya tambahan ikan asar pada bagian permukaan kue ini.

Ikan asar sendiri merupakan ikan yang telah melewati proses pengasapan. Biasanya, untuk membuat ikan asar menggunakan bahan jenis ikan yang mempunyai banyak daging, seperti ikan ekor kuning, tongkol, atau cakalang.

Intinya menggunakan daging ikan yang bertekstur padat, sehingga tidak mudah hancur saat pengasapan. Kemudian, ikan asar tersebut mudah menyobeknya menjadi kecil-kecil untuk mencampurnya dengan adonan kue beserta campuran bahan lainnya. Wah sudah terbayang enaknya, Sobat Turisian!

4. Lapat Maluku

Lapat

Nah, makanan khas Maluku yang terakhir ini tergolong panganan berat. Namanya Lapat yang merupakan salah satu makanan khas yang cukup mengenyangkan. Kudapan tersebut mudah Sobat Turisian temukan di banyak daerah di Maluku.

Baca juga: Kain Tenun Ikat Tanimbar Asal Maluku dengan Beragam Motif dan Warna

Bahan utama lapat menggunakan beras yang dikukus menggunakan daun pandan lebar. Umumnya, masyarakat Maluku menyajikan lapat dengan terasi kelapa yang terbuat dari parutan kelapa dengan campuran  bawang merah, bawang putih, serta cabe yang sudah halus.

Lalu tambahkan garam dan gula pasir secukupnya, terakhir beri perasan jeruk (lemon cina). Selain itu, ada pula tambahan berupa ikan goreng atau bakar, untuk membuat hidangan lapat semakin sedap saat menyantapnya.*

 

 

 

Sumber & Foto: Dispar Prov. Maluku

Pos terkait