Wisata ke Pantai Ngurbloat Maluku, Pantai dengan Pasir Terhalus di Asia

Pantai Ngurbloat Maluku
Pantai Ngurbloat Maluku dengan hamparan pasir putih. (source: indonesia.travel)

TURISIAN.com – Keren, Indonesia punya pantai dengan pasir terhalus di Asia. Tempatnya yaitu Pantai Ngurbloat di Maluku. Penobatan tersebut berdasarkan hasil rilis National Geographic.

Pantai Ngurbloat disebut juga Pantai Pasir Panjang karena memiliki hamparan pasir pantai yang panjang membentang. Inilah yang menjadi daya tarik objek pantai di Maluku tersebut. Hingga brand media besar internasional menobatkan pantai ini dengan pasir terhalus.

Namun yang uniknya, tidak semua wilayah pantai Ngurbloat berpasir halus. Melainkan hanya sepanjang 2 km mulai dari pintu masuk yang berpasir halus. Setelah itu tekstur pasir sudah berbeda dan lebih kasar, seperti pasir pantai pada umumnya.

Menurut masyarakat setempat, Pantai Pasir Panjang bukanlah nama sebenarnya. Nama aslinya Pantai Ngurbloat, berasal dari Bahasa Kei. Terdiri dari 2 suku kata, yakni ‘ngur’ artinya pantai dan ‘bloat’ berarti panjang.

Umumnya masyarakat mengalami kesulitan untuk mengatakan ‘ngurbloat’. Akhirnya menyebutnya dengan Pantai Pasir Panjang.

Baca juga: Pulau Tawale Maluku, Pesona Alam di Timur Indonesia yang Memukau

Tak hanya pasir putih halus, keistimewaan Pantai Pasir Panjang ada lagi. Di tempat ini sangat mudah untuk mendapatkan sumber air di sekitar pantai. Terlebih airnya tawar, tidak lengket, dan sangat segar untuk membilas badan setelah beraktivitas di air pantai.

Pesona Pantai Ngurbloat

Di luar keunikan itu, tempat wisata Maluku ini menyajikan panorama alam yang memesona. Air laut yang jernih, pasir putih halus, dengan latar langit biru membuat tubuh Sobat Turisian tak ingin beranjak dari tempat ini. Sungguh memanjakan mata dan menenangkan jiwa.

Apalagi tambah dengan keramahan masyarakat di sekitar. Jamin deh suasana liburan ke pantai di Maluku ini akan lebih hangat dan menyenangkan.

Pesona Ngurbloat tak berhenti di situ, kala senja tiba keindahan sunset menambah eksotis pantai, sangat romantis. Langit jingga berpadu dengan biru laut dan pasir putih, akan menggoda Sobat Turisian untuk segera berswafoto, menambah koleksi foto instagenik.

Kondisi pantai ini pun sangat bersih yang tentunya tak lepas dari kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian alamnya. Masyarakat Desa Wisata Ngilngof percaya bahwa lingkungan yang bersih akan memberikan dampak terhadap kebangkitan pariwisata dan perekonomian.

Lokasi Pantai Ngurbloat sendiri berada di Desa Wisata Ngilngof, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku. Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Maluku yang tak hanya menawarkan keindahan alam, tapi juga menampilkan ragam seni dan budaya.

Baca juga: Catat Nih, 5 Pantai Indah di Natuna Buat Tujuan Libur Lebaran Nanti!

Jika Sobat Turisian tertarik berkunjung ke sana, ada baiknya tidak membawa barang apapun yang berbahan plastik. Hal ini sebagai bentuk partisipasi untuk menjaga lingkungan pantai. Mengingat Maluku Tenggara kini sedang berupaya mengurangi penggunaan barang berbahan plastik.

Terutama di desa-desa wisata yang tersebar di kabupaten ini. Namun jika terpaksa mengonsumsi sesuatu dengan kemasan plastik, pastikan membuang sampah di tempat yang sudah tersedia.*

 

 

Sumber: indonesia.travel

Pos terkait