Pulau Tawale Maluku, Pesona Alam di Timur Indonesia yang Memukau

Pulau Tawale
Lanskap Gugusan Pulau Tawale Maluku Utara. (source: Kemenparekraf)

TURISIAN.com – Satu lagi objek alam yang banyak disamakan dengan Raja Ampat, dikenal sebagai Pulau Tawale. Lokasinya ada di wilayah Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara. Tepatnya di Pulau Kasiruta, Desa Marikuso, Kecamatan Kasiruta Timur, Halmahera Selatan.

Gugusan Pulau Tawale juga mennyajikan panorama alam yang menakjubkan dan memukau siapa pun yang datang melihatnya. Bentang alamnya sungguh luar biasa indah, dibalut dengan keunikan budaya masyarakat setempat.

Kumpulan pulau ini terbentuk secara alami dari batu karang, hingga menjadi hamparan rimba yang sangat alami dan masih jarang disambangi. Tampak pulau-pulau kecil yang menyebar di sekitar gugusan tersebut.

Laut yang mengitarinya memiliki air yang begitu jernih dan menyegarkan, menambah kemolekan Pulau Tawale. Hanya dengan mata telanjang, hamparan terumbu karang dengan aneka biota laut terlihat begitu jelas. Pesona keindahan yang cantik dan lanskap pulau-pulau hijau, membuat wisatawan banyak yang menyamakan Tawale dengan Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat.

Baca juga: Mulut Seribu di Pulau Rote NTT Mirip Raja Ampat, Sama-sama Indah Menakjubkan

Para petualang alam dan pecinta keindahan bawah laut wajib berkunjung ke pulau ini. Suasananya benar-benar masih alami dan jarang tersentuh tangan manusia. Memang layak disebut sebagai surga tersembunyi di timur Indonesia.

Meski berada di tengah perairan laut, namun akses ke Tawale terbilang mudah untuk digapai. Wisatawan tinggal berangkat dari Pulau Bacan dengan menumpangi speed boat yang bisa disewa di Pelabuhan Labuha. Perjalanan dari Pelabuhan Labuha ke Tawale memakan waktu selama 1,5 jam.

Sepanjang perjalanan akan disuguhi indahnya gugusan pulau di Halmahera Selatan. Sehingga tak membosankan dan terasa lebih cepat sampai ke tujuan.

Baca juga: Dua Objek Wisata dengan Nama Teletubbies di Yogyakarta

Perlu dicatat, saat berkunjung ke sana harus siapkan fisik yang prima bagi yang belum terbiasa berpetualang di alam bebas. Lalu jangan lupa membawa perlengkapan berkemah dan logistik yang memadai karena di Tawale tak akan menemukan penginapan dan kedai makanan.*

 

 

Sumber: Kemenparekraf

 

 

Pos terkait