Tempat Wisata di Seputar Jalan Siliwangi Bandung yang Menarik Dikunjungi

wisata jalan siliwangi bandung
Teras Cikapundung BBWS. (Foto: Iwan)

TURISIAN.com – Jalan Siliwangi atau Babakan Siliwangi merupakan salah satu jalan di sisi utara Kota Bandung yang ramai dilewati kendaraan di siang hari. Namun saat malam hari, suasana jalan ini kental dengan aroma mistisnya. Banyak melahirkan berbagai kisah misteri yang bikin merinding.

Nuansa mistis juga dilatari kondisi jalan yang sepi di malam hari. Ditambah kawasan ini cukup rimbun dihisasi berbagai pepohonan yang besar. Konturnya pun agak berkelok dengan turunan dan tanjakan. Di sisi jalannya tampak seperti lembah di perbukitan, dengan aliran Sungai Cikapundung yang melintang di bawahnya.

Namun di balik kesan angkernya, Jalan Siliwangi Bandung juga menyimpan berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. Diantaranya Teras Cikapundung BBWS, Forest Walk Babakan Siliwangi, Sanggar Olah Seni (SOS) Babakan Siliwangi, hingga spot mural di dinding trotoar jalan yang keren untuk latar swafoto.

Teras Cikapundung BBWS

Teras Cikapundung BBWS merupakan sebuah taman tematik nan cantik di bantaran Sungai Cikapundung. Berada di sisi bawah Jalan Siliwangi. Dulunya, tempat ini merupakan kawasan rumah-rumah kumuh dan bantaran sungai yang tidak terawat.

Akhirnya oleh Pemerintah Kota Bandung disulap menjadi taman yang cantik. Pembuatannya diinisiasi Ridwan Kamil, saat masih menjabat Wali Kota Bandung. Dibangun berdasarkan konsep Urban dan Ekologi.

Baca juga: Camilan Tradisional yang Dapat Dinikmati Selagi Liburan di Kota Bandung

Taman yang sering disebut Teci ini, menyajikan suasana yang asri, udara sejuk, dan aliran Sungai Cikapundung yang cukup bersih. Dilengkapi pula air terjun menari, area perkebunan mini, kolam terapi ikan, amfiteater, playground anak-anak, gazebo, toilet, musala, area parkir, dan lainnya.

Setiap akhir pekan dan momen libur besar, pengunjung Teci cukup banyak. Mereka ada yang sekadar bersantai di gazebo, terapi ikan. Atau memilih mengarungi sungai dengan perahu karet, namun hanya bisa dilakukan di musim kemarau, saat aliran air tak begitu deras.

Forest Walk Babakan Siliwangi
wisata jalan siliwangi bandung
Forest Walk Babakan Siliwangi. (source: Pemkot Bandung)

Tempat wisata berikut ini, merupakan ruang terbuka hijau nan asri. Saat berada Forest Walk Babakan Siliwangi, dapat membuat kita merasakan sejuknya semilir angin sepoi-sepoi yang menyegarkan pikiran.

Pos terkait