Yuk Ngabuburit Sambil Mengenal Sejarah Yogyakarta di Diorama Arsip Jogja!

Diorama Arsip Jogja
Diorama Arsip Jogja, Bantul, DI Yogykarta. (source: visitingjogja)

TURISIAN.com – Saat bulan puasa Ramadan, kegiatan ngabuburit menjadi aktivitas populer menjelang berbuka. Nah di Yogyakarta ada satu tempat asyik buat ngabuburit, tak hanya menyenangkan tapi juga menambah wawasan. Nama tempatnya, Diorama Arsip Jogja.

Arsip sendiri merupakan identitas dan harkat sebuah bangsa, karena melalui arsip dapat tergambar perjalanan sejarah bangsa dari masa ke masa. Saking pentingnya arsip ini, sehingga tingkat keberadaban suatu bangsa dapat dilihat dari pemeliharaan dan pelestarian terhadap arsipnya.

Untuk itu, Yogyakarta menghadirkan Diorama Arsip Jogja. Sebagai bukti nyata untuk menghidupkan arsip sejarah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sekaligus untuk mengenalkan sejarah DIY secara runtut dari masa Panembahan Senopati hingga Keistimewaan DIY. Terutama kepada generasi muda yang dikemas dengan cara yang menarik.

Baca juga: Aktivitas Menarik di Puri Mataram Yogyakarta, Pas Buat Ngabuburit Saat Ramadan

Begitu masuk ke diorama ini, Sobat Turisian akan diajak membayangkan dan merasakan pengalaman sejarah mendekati seperti aslinya. Karena diorama ini menampilkan data atau peristiwa sejarah DIY melalui perpaduan arsip, seni dan teknologi.

Harapannya, para pelajar, mahasiswa, akademisi, ataupun peneliti bisa memanfaatkan diorama kearsipan. Diorama ini memberikan akses arsip sejarah yang luas yang bisa berguna untuk kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan, dan pembangunan. Di mana kaidah-kaidah kearsipan dapat bermanfaat untuk kemaslahatan bangsa.

Lokasi Diorama Arsip Jogja

Diorama Arsip ini berlokasi di Lt. 1 Gedung Depo Arsip. Jalan Janti, Banguntapan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Tempat wisata edukasi Jogja ini terbuka untuk umum, baik individu maupun kelompok. Pemesanan tiket masuknya bisa mengakses website arsipjogja.id.

Jam Operasional Diorama Arsip Jogja

Destinasi Diorama Arsip Jogja buka setiap hari, kecuali Senin dan hari libur nasional tutup.

  • Selasa – Minggu: buka dari pukul 09.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB.
  • Khusus Jumat, buka mulai pukul: 09.00 WIB sampai dengan 14.30 WIB.

Baca juga: Lepaskan Dahaga Setelah Berpuasa dengan Kesegaran Rujak Es Krim Jogja

Jadwal Khusus Selama Ramadhan 1443 H

  • Senin – Kamis: buka pukul 09.00 sampai dengan 15.00 WIB
  • Khusus Jumat: buka pukul 09.00 sampai dengan 11.00 WIB
  • Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional Tutup

 

 

Pos terkait