Pemda DKI Jakarta Gelar Ramadhan Market Hingga Sholat Ied di JIS  

Pemda DKI Jakarta
Tampak depan Jakarta International Stadium (Instagram.com / @jakintstadium)

TURISIAN.com – Pemda DKI Jakarta menggelar berbagai kegiatan selama berlangsung Ramadhan hingga Idul Fitri mendatang.

Lokasi kegiatan tahun ini dipusatkan di  Jakarta International Stadium (JIS). Termasuk, untuk pelaksanaan sholat Idul Fitri mendatang.

Diantaranya adalah Ramadhan Market yang juga akan memeriahkan suasana Ramadhan di Ibu Kota Jakarta selama bulan April ini.

Dikutip TURISIAN.com- dari Antaranews pada Senin, 4 April 2022, Pemda DKI berencana untuk menjadikan JIS sebagai salah satu lokasi untuk melaksanakan shalat Idul Fitri 1443 Hijriah.

Hal ini dimaksudkan agar masyarakat bisa turut menikmati kebersamaan. Sekaligus bisa mengenal salah satu ikon baru dari Ibu Kota Jakarta tersebut.

BACA JUGA: Jelang Ramadhan, Pasar Bunga di Daerah Mendulang Banyak Cuan

Hastag Pemda DKI Jakarta Rayakan Kebersamaan

Sementara itu, Gunas Mahdianto selaku Kepala Biro pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta sempat memberi keterangan. Bahwa, ada aneka ragam kegiatan bertemakan Ramadhan yang digelar di Jakarta dengan hashtag RayakanKebersamaan.

“Terdapat beragam kegiatan yang bertemakan Ramadhan di Jakarta, itu salah satunya,” kata Gunas Mahdianto.

Namun, sayangnya dirinya belum memberikan keterangan lebih lanjut. Mengenai apakah shalat Ied nantinya akan dilakukan di dalam stadion utama atau hanya di luar stadion utama.

Selain berencana untuk menjadikan lokasi JIS sebagai tempat untuk umat Muslim di Jakarta menunaikan shalat Ied.

Pemda DKI juga berencana untuk mengadakan Festival Malam Takbiran di JIS yang nantinya akan digelar tepat pada malam lebaran.

Sebelumnya dikabarkan, pembangunan mega proyek Jakarta International Stadium (JIS) sendiri saat ini sudah mencapai kurang lebih 98 persen per Minggu kemarin.

BACA JUGA: 7 Kuliner Khas Ramadhan Berbagai Daerah di Indonesia

Kedua agenda tersebut adalah bagian dari sejumlah kegiatan yang telah direncanakan oleh Pemprov DKI. Khususnya,  dalam upaya menyambut Ramadhan dan Idul Fitri 1443 Hijriah.

Agenda lainnya yang juga telah dilakukan oleh Pemda DKI dalam menyambut Ramadhan diantaranya adalah munggahan Ramadhan.

Event ini  diselenggarakan bersama dengan sejumlah pemimpin lembaga serta organisasi masyarakat Islam pada 1 April 2022 kemarin.

Jazz Festival di Gelaran Pemda DKI Jakarta

Ada juga kegiatan menghias ruang publik dengan sederet ornamen berbau Ramadhan seperti logo, umbul-umbul, dekorasi khusus Ramadhan di Jakarta yang dilakukan lewat kolaborasi dengan pihak swasta.

Tepatnya, ornamen bertemakan Ramadhan mulai dari 26 Maret hingga 1 Mei 2022, serta ornamen bertemakan Idul Fitri mulai dari 1 Mei hingga 14 Mei 2022 yang akan ditempatkan di lima wilayah kota administrasi.

Tidak berhenti sampai disitu saja, kegiatan lain seperti Ramadhan Market hingga Jazz Festival yang dikemas dalam bentuk bazar pun turut dihadirkan untuk meningkatkan laju aktivitas ekonomi dari para pelaku UMKM di ibu kota.

BACA JUGA: Lepaskan Dahaga Setelah Berpuasa dengan Kesegaran Rujak Es Krim Jogja

Tidak lupa juga akan diadakan penampilan musik serta dakwah yang akan mengambil tempat di Lapangan Banteng pada 11 hingga 24 April 2022 mendatang.

Agenda berikutnya ada Ramadhan Market Festival yang akan digelar di setiap kelurahan, nantinya festival tersebut akan menyajikan aneka pilihan makanan berbuka puasa dari para pengusaha mikro kecil.

Supaya suasana Ramadhan semakin hidup. Pemda DKI juga mengadakan wisata religi spesial Ramadhan.

Dimana, nantinya akan melibatkan sejumlah konten kreator supaya publik secara luas bisa merasakan keberadaan dari peradaban Islam di Ibu Kota Jakarta.

Kegiatan 30 Hari Khatam Al Quran di Pemda DKI Jakarta

Dikabarkan bahwa, Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta juga dijadwalkan akan mengunjungi masjid atau pondok pesantren di sejumlah lokasi, serta kegiatan 30 hari khatam Al Quran selama bulan suci Ramadhan.

BACA JUGA: Bingung Cari Tempat Makan Enak di Jakarta? Cobain yang Ini Deh..

Ramadhan adalah saat yang paling tepat untuk melakukan tindakan mulia. Maka diadakan pula acara berbagi hidangan buka puasa di setiap harinya.

Dengan minimal 50.000 bungkus yang akan dibagikan ke sejumlah masjid, mushalla, halte TransJakarta serta ruang publik lainnya selama periode 2 April hingga 1 Mei 2022.

Dikabarkan juga sebelumya,  Duta Imam Shalat Tarawih   mengutus setidaknya 200 orang terbaik. Mereka  telah diseleksi untuk menjadi Imam Shalat Tarawih di masjid pilihan pada periode 2 April hingga 1 Mei 2022.

***

Pos terkait