Inilah Candi Ngempon Semarang, Pusat Pendidikan Para Empu Zaman Dulu!

Candi Ngempon
Candi Ngempon di Kabupaten Semarang. (dok. Dispar Kab. Semarang)

TURISIAN.com – Candi Ngempon di Kabupaten Semarang menjadi tempat penting pada zaman dahulu.  Meski  kecil, namun area candi ini diyakini menjadi pusat pendidikan para Kasta Brahmana yang akan menjadi mpu atau empu.

Pendidikan empu di sana untuk semua bidang, baik itu olah kanuragan, sastra budaya, maupun kerohanian. Karena itu situs candi ini bernama Ngempon, yang berasal dari kata empu atau ngempu.

Bangunan bersejarah ini bercorak Hindu dan merupakan peninggalan Wangsa Sanjaya. Dibangun pada abad ke-8.  Lokasinya berada di Kelurahan Ngempon, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 2 kilometer dari Pasar Karangjati.

Objek wisata Semarang ini terletak di sebuah lembah areal persawahan. Dengan pagar yang mengelilingi dan sengaja dibuat untuk membatasi sekitar candi. Selain itu, candi ini pun tak jauh dari aliran sungai.

Bangunan Candi Ngempon
Candi Ngempon
Candi Ngempon Semarang. (Dok. Dispar Kab. Semarang)

Ada sembilan bangunan candi berada di tengah area tersebut. Namun yang masih berdiri sampai sekarang hanya empat. Keempat candi ini merupakan hasil rekonstruksi.

Baca juga: Candi Ijo Yogyakarta Berdiri Indah dengan Latar Gunung Merapi

Jika melihat selintas, bentuk candi-candinya tampak sama karena dari detail, lengkung, dan ornamennya mirip. Satu diantaranya berukuran lebih besar daripada yang lainnya.

Sisa lima candi yang tidak direkonstruksi berada di belakang. Pondasinya tertumpuk bebatuan dari reruntuhan candi tersebut.

Belum ada data pasti mengenai ukuran kelima candi ini. Cukup sulit memperkirakan besarannya, apalagi bentuknya. Namun perkiraan dari tumpukan batu yang ada, lima candi tersebut berukuran lebih kecil dari candi yang sudah proses rekonstruksi.

Proses rekonstruksi Candi Ngempon berlangsung pada 1952 oleh Dinas Purbakala. Tujuannya untuk menyusun sebuah candi dari reruntuhan. Pengembangan selanjutnya oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah pada 2006.

Mereka menyusun kembali sebuah candi yang ukurannya lebih kecil dari yang pertama. Di tempat itu pula, peneliti berhasil menemukan 9 titik pondasi candi. Tetapi baru empat candi yang sudah selesai proses irekonstruksi.

Baca juga: Wisata Kekinian ala Dusun Semilir Semarang dengan Spot-spot Instagrammable

Pada kompleks Candi Ngempon atau Candi Muncul ini, sebenarnya terdapat beberapa patung atau arca. Antara lain Durga, Ganesha, Kinara Kinari, dan Nandi. Patung-patung ini berukuran satu meteran dan sekarang tersimpan di Museum Ronggowarsito Semarang.*

 

 

Sumber: perpusnas

Pos terkait