Candi Ijo Yogyakarta Berdiri Indah dengan Latar Gunung Merapi

Candi Ijo Yogyakarta
Candi Ijo Yogyakarta dengan panorama sekitar yang memesona. (source: visitingjogja)

TURISIAN.COM – Yogyakarta termasuk daerah yang menjadi gudangnya situs candi. Percandian di sana masih terawat dan menarik untuk dikunjungi untuk tujuan wisata sekaligus edukasi. Seperti Candi Ijo yang menjadi tertinggi di Yogyakarta sebab berada di dataran tinggi 410 mdpl.

Tepatnya terletak  di Bukit Ijo, wilayah Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kompleks Candi Ijo terdiri dari 17 struktur bangunan yang terbagi dalam 11 teras berundak.

Teras berundak pertama membujur dari barat ke timur. Bangunan pada teras teratas berupa pagar keliling, delapan buah lingga patok, serta empat bangunan candi. Terdiri dari satu candi utama dan tiga candi perwara.

Selanjutnya pada candi utama, terdapat sebuah bilik. Di dalamnya Sobat Turisian bisa melihat Lingga Yoni yang melambangkan Dewa Siwa yang menyatu dengan Dewi Parwati. Sedangkan di dalam tiga candi perwara lainnya, ada arca candi yang konon merupakan kendaraan Dewa Siwa dan meja batu atau disebut padmasana.

Baca juga: Selain Prambanan, Yogyakarta Punya Candi Gebang yang Mungil nan Indah

Berlanjut ke halaman candi, Sobat Turisian bisa menikmati hamparan rumput hijau dan lanskap membentang di depan mata. Membuat Candi Ijo menjadi tempat favorit untuk sekadar ingin refreshing menghilangkan kepenatan.

Panorama Sekitar Candi Ijo

Tak hanya melihat keindahan bangunan candi, di tempat wisata Yogyakarta ini, Sobat Turisian juga bisa menikmati keindahan pemandangan sekitar. Seperti lanskap areal persawahan dan perkampungan penduduk, serta menyaksikan pesawat take off dan landing di Bandara Adi Sucipto.

Tambah pula panorama pesona Gunung Merapi yang gagah menjulang. Candi Ijo juga masuk dalam deretan teratas spot menyaksikan sunset terindah di Yogyakarta. Jangan lewatkan pula aktivitas berburu foto instagenik, karena banyak spot-spo fotogenik di tempat wisata ini.

Baca juga: Dua Objek Wisata dengan Nama Teletubbies di Yogyakarta

Nah untuk akses menuju lokasi Candi Ijo, Sobat Turisian bisa menyusuri Jalan Raya Prambanan, Piyungan, Yogyakarta. Setelah melewati Istana Ratu Boko, lalu belok ke kiri mengikuti penunjuk arah menuju lokasi candi tersebut.*

Pos terkait