Kain Tenun Ikat Tanimbar Asal Maluku dengan Beragam Motif dan Warna

Kain Tenun Ikat Tanimbar
Kain Tenun Ikat Tanimbar, Maluku. (source: dispar.malukuprov.go.id)

TURISIAN.com – Indonesia kaya akan warisan budaya leluhur, salah satunya ragam kain tradisional. Pembuatan kain-kain ini pun menggunakan alat-alat tenun tradisional. Hebatnya sebagian besar masih lestari hingga kini, seperti Kain Tenun Ikat Tanimbar asal Maluku.

Kain Tenun Ikat Tanimbar merupakan mahakarya masyarakat Maluku yang sudah ada sejak dulu dan melegenda. Tepatnya berasal dari daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku.

Proses pembuatan kain tenun Maluku ini, memakai prinsip yang sederhana dan peralatan tradisional. Caranya dengan menggabungkan benang secara memanjang dan melintang. Pada umumnya, kain asal Tanimbar ini memiliki motif dan warna yang beragam.

Motif kain tenun Tanimbar mayoritas berbentuk garis-garis. Lalu diselingi corak tertentu yang merupakan hasil adapatasi dan visualisasi dari alam sekitarnya. Seperti motif binatang, motif tumbuhan, dan motif manusia.

Baca juga: Lima Jenis Kain Tradisional Indonesia yang Sudah Dikenal Mancanegara

Biasanya warga Tanimbar memanfaatkan kain tenun ikat tersebut untuk kebutuhan upacara penyambutan tamu. Masyarakat di sana akan mengalungkan kain tenun ikat ini kepada setiap tamu-tamu penting yang datang ke Maluku.

Daerah Penghasil Kain Tenun di Tanimbar

Setiap daerah di Kepulauan Tanimbar memiliki kain tenun dengan ciri khasnya masing-masing. Tetapi kebanyakan memiliki motif dengan filosofi yang sama.

Salah satu daerah penghasil tenun di Kepulauan Tanimbar adalah Yamdena. Dari daerah Yamdena itu, ada empat jenis kain tenun tradisional. Antara lain Tais Matan, Tais Anday, Tais Maran, dan Ule Rati.

Tak hanya ada di Tanimbar, kain tenun tradisional Maluku ini juga bisa Sobat Turisian beli di berbagai toko suvenir di Kota Ambon. Seperti Toko Santhos yang merupakan pusat perbelanjaan oleh-oleh khas Maluku.

Baca juga: Wisata ke Pantai Ngurbloat Maluku, Pantai dengan Pasir Terhalus di Asia

Lokasi tokonya berada di Jalan Anthony Rhebok, Kelurahan Honipopu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Di sini, menjual aneka kain tenun Tanimbar dengan harga mulai dari Rp150 ribu ke atas.*

 

 

 

Pos terkait