Lima Jenis Kain Tradisional Indonesia yang Sudah Dikenal Mancanegara

Kain Tradisional
Kain Lurik khas Yogyakarta. (source: indonesia.travel)

TURISIAN.com – Dianugerahi beragam suku bangsa, menjadikan Indonesia kaya akan seni dan budaya tradisional. Termasuk dalam beraneka jenis kain tradisional yang berasal dari berbagai daerah.

Kain tradisional Indonesia tersebut merupakan warisan para leluhur setiap suku bangsa. Bahkan beberapa diantaranya sudah dikenal hingga mancanegara. Karena keunikan dan keindahan motif dan coraknya.

Di bawah ini ada 5 jenis kain tradisional Indonesia yang namanya sudah mendunia, dirangkum dari laman indonesia.travel.

1. Lurik Yogyakarta

Yogyakarta yang dikenal sebagai kota budaya, mempunyai Kain Lurik yang namanya juga sohor hingga mancanegara. Kain yang ditenun ini, identik dengan motif garis-garis searah dan sangatlah indah.

Kain tersebut dibuat dari serat kapas, serat kayu, serat sutera, atau serat sintetis. Ditenun dengan alat tradisional pula, menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM) yang digerakkan oleh manusia. Pengrajinnya akan memintal serat dengan tangan.

Baca juga: Deretan Makanan Kesukaan Para Sultan Yogyakarta

Dari segi penggunaannya, kain lurik hingga kini masih dipakai untuk upacara adat seperti mitoni dan labuhan. Namun cocok pula dijadikan berbagai macam pakaian sehari-hari hingga busana untuk acara kekinian.

2. Songket Palembang

kain tradisional

Songket’ berasal dari kata ‘sungkit’ yang artinya mengait. Nama tersebut diberikan karena dianggap mewakili proses pembuatan kainnya yang dibuat dengan cara mengaitkan kain tenun. Lalu menyelipkan benang emas dan ditenun kembali hingga sempurna.

Songket telah lama menjadi kebanggaan warga Palembang, Sumatera Selatan. Hingga akhirnya pada 2013, Songket Palembang diresmikan menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia, sebagai kain tradisional yang diwariskan secara turun temurun.

Pos terkait