Kenali Pesona Gunung Guntur yang Digadang Jadi Objek Wisata Sekelas Bromo oleh Pemkab Garut

Gunung Guntur
Puncak Gunung Guntur di Kabupaten Garut. (@gunung_guntur)

TURISIAN.com – Gunung Guntur Garut digadang-gadang jadi objek wisata sekelas Bromo. Hal ini dibuktikan dengan tindakan nyata yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Garut.

Pemkab Garut rupanya sudah mengajukan permohonan kepada pemerintah pusat, berkenaan dengan perubahan status Gunung Guntur. Dari status awal sebagai Cagar Alam (CA) yang kini diusung menjadi Taman Wisata Alam (TWA).

Sehingga, untuk pengolahannya sendiri  akan menjadi destinasi tempat wisata. Hal tersebut diutarakan sendiri oleh Rudy Gunawan selaku Bupati Garut.

Bahkan, dirinya juga menggambarkan keindahan objek wisata ini yang menurutnya sama indahnya dengan Bromo dan Gunung Merapi. “Cagar Alam atau Taman Wisata Alam (Gunung Guntur) ini indah, sangat indah,” ucapnya.

“Sama dengan Bromo nanti, sama dengan Gunung Merapi,” sambungnya seperti dikutip TURISIAN.com- dari Antaranews pada Rabu, 9 Maret 2022.

Untuk saat ini sendiri, pengajuan terkait perubahan status kawasan ini dari CA menjadi TWA masih berada di tingkat pemerintah pusat. Namun, untuk pengukuran wilayah mana saja yang masuk ke dalam kategori CA dan TWA di Gunung Guntur sudah selesai dilakukan.

Baca juga: Lombok Beberkan 13 Wisata Ramah Perempuan, Apa Saja?

Saat ini, jajaran Pemerintah Kabupaten Garut sedang menunggu keputusan menteri untuk keputusan finalnya.

“Sekarang sudah dalam tahap finalisasi, saat ini tinggal menteri saja, kemarin pengukuran dan yang lainnya sudah,” tambahnya.

Nantinya, apabila ada kabar positif terkait putusan perubahan status tersebut, maka Gunung Guntur dapat dimanfaatkan lebih luas.

Terutama untuk menjadi kawasan wisata menarik yang mampu memiliki daya saing seperti daerah lain.

Keistimewaan Lainnya

Namun, apakah kamu tahu bahwa pesona Gunung Guntur dan sekitarnya tidak hanya berhenti sampai di pesona alamnya yang hijau saja?

Untuk berkenalan lebih lanjut dengan Gunung Guntur yang digadang seindah Bromo ini, berikut adalah keistimewaan lainnya yang dimiliki oleh destinasi kebanggan warga Garut:

1. Puncak Pertama Gunung Guntur (Puncak Bohong)

Spot ini berada tepat sebelum bibir kawah Gunung Guntur, dan biasa dijadikan tempat para pendaki untuk mendirikan tenda.

Di tempat ini pula, terdapat sebongkah batu besar yang kerap dijadikan tempat untuk melihat potret pemandangan Kota Garut.

2. Puncak Kedua Gunung Guntur

Inilah pesona lainnya yang dimiliki Gunung Guntur, yakni hamparan padang savana yang terbentang luas.

Sepanjang mata memandang, traveller akan dimanjakan dengan warna coklat keemasan dari vegetasi tumbuhan di padang savana ini.

Baca juga: Lima Tempat Wisata Semarang yang Bikin Rileks

Beberapa lubang kecil dari kawah yang menganga di sepanjang jalan menuju puncak pertama juga menjadi daya tarik tersendiri.

3. Puncak Tertinggi Gunung Guntur

Dari sebelah Barat puncaknya, pengunjung dapat melihat dengan jelas objek wisata Situ Bagendit dari ketinggian.

Tidak mau kalah, panorama dari sebelah Barat puncaknya pun menawarkan keindahan lainnya. Diantaranya ialah, Gunung Cikuray, kepulan asap dari kawah Gunung Papandayan, Kamojang serta Darajat.

Seluas Stadion Sepakbola

4. Kawah Gunung Guntur

Berlokasi di sebelah kiri puncak pertama, yang memiliki luas bekas letusan seluas stadion sepak bola. Uniknya, apabila kamu berdiri menghadap ke Selatan, maka kawah akan terlihat berhadapan dengan Gunung Cikuray yang juga menjulang tinggi.

Kendati di pinggiran kawah juga ditumbuhi deretan pohon cantigi, pengunjung harus hati-hati mengingat kedalaman kawah yang cukup dalam.

5. Curug Citiis

Curug dalam bahasa Sunda berarti air terjun, sementara citiis berarti air dingin. Maka arti nama dari destinasi ini adalah air terjun yang memiliki aliran air yang dingin.

Tinggi dari Curug Citiis sendiri berkisar 10 Meter, sementara lokasi curug berada di ketinggian 1.000 mdpl.

Pengunjung disuguhi bukan hanya satu curug, melainkan ada tiga curug sekaligus yang bisa mencuri perhatian karena keindahannya.

6. Wisata Air Panas dari Sumber Alam yang Melimpah

Dengan ketinggian 2.249 mdpl, Gunung Guntur merupakan gunung yang bertipe stratovolcano. Membuat dataran tinggi ini dianugerahi oleh kekayaan sumber air panas yang melimpah.

Berbicara tentang hal tersebut, tempat wisata air Cipanas tidak bisa kita kesampingkan. Apabila sobat traveller beranjak dari kaki Gunung Guntur, maka jarak yang ditempuh untuk ke wisata air Cipanas berkisar 2,5 Km.

Baca juga: 3 Destinasi Wisata Makam Kuno di Tana Toraja Ini Sungguh Mengguncang Adrenalin

Setelah lelah melakukan pendakian, tidak ada salahnya menikmati bonus tambahan dengan berendam di pemandian air panas di tengah dinginnya suhu udara Kabupaten Garut. Beberapa sumber wisata air panas yang cukup digemari antara lain adalah, Danau Darajat, Sumber Alam, Tirta Gangga dan masih banyak lainnya.

Tidak perlu khawatir kemalaman, sebab di sini juga banyak tersedia tempat menginap dengan harga yang relatif ramah di kantong. *

Sumber: Antaranews

 

 

Pos terkait