Museum Sonobudoyo Yogyakarta Sajikan Koleksi Benda Bernilai Budaya Ilmiah

Museum Sonobudoyo Yogyakarta
Museum Sonobudoyo Yogyakarta. (source: sonobudoyo.com)

TURISIAN.com – Wisata edukasi budaya ke Yogyakarta menjadi pilihan yang tepat karena banyak tempat wisata sejarah dan budaya favorit. Banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Salah satunya Museum Sonobudoyo Yogyakarta.

Lokasinya di Jalan Pangurakan (Trikora) No. 6, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tak jauh dari Keraton Yogyakarta dan Benteng Vredeburg, sehingga tingkat kunjungannya cukup tinggi.

Museum Sonobudoyo Yogyakarta memiliki koleksi benda yang bernilai budaya ilmiah. Meliputi koleksi pengembangan dan bimbingan edukatif kultural. Juga memiliki tugas mengumpulkan, merawat, melaksanakan penelitian, pelayanan pustaka, bimbingan edukatif kultural, serta penyajian benda koleksi.

Baca juga: Watu Tapak Camp Hill, Tempat Terbaik Menikmati Lanskap Jogja

Keberadaan museum di Jogja ini berkaitan erat dengan yayasan pada masa kolonial, yaitu Java Institut. Sebuah yayasan yang fokus terhadap kebudayaan Jawa, Madura, Bali, dan Lombok. Lembaga ini menjadi cikal bakal berdirinya Museum Sonobudoyo Yogyakarta.

Sejarah Gedung Museum Sonobudoyo Jogja

Gedung Museum Sonobudoyo berdiri di atas tanah hadiah dari Sri Sultan HB VIII dengan bukti berupa Sengkalan Candrasengkala, Buta Ngrasa Estining Lata pada tahun 1865 Jawa atau tahun 1934 Masehi. Peresmiannya oleh Sri Sultan HB VIII pada Rabu, 6 November 1935.

Ketika masuk masa pendudukan Jepang di Indonesia, bagian dari museum ini berubah fungsi menjadi Kantor Sosial bagian Pengajaran oleh Bupati Paniradyapati Wiyata Praja. Setelah Indonesia merdeka kembali beralih fungsi menjadi Kantor Jajaran Pemerintah DIY pada masa pemerintahan Bupati Utorodyopati Budaya Prawito.

Pengelolaan dan fungsi bangunan Museum Sonobudoyo Yogyakarta terus mengalami perubahan. Pada akhir 1974, museum diserahkan ke Pemerintah Pusat melalui Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.  Sejak Januari 2001, Museum Sonobudoyo bergabung dalam Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi DIY.

Koleksi & Jam Buka Museum Sonobudoyo

Di dalam museum ini, Sobat Turisian bisa melihat beragam koleksi yang terbagi ke dalam 10 jenis kategori. Antara lain Jenis Koleksi Biologika, Ethnografkai, Arkeologi, Numismatika/Heraldika, Historika, Filologika, Keramologika, Seni Rupa, dan Teknologika.

Baca juga: Sedapnya Jadah Tempe, Kuliner Yogyakarta yang Sudah Melegenda Sejak 1950

Sobat Turisian yang akan berkunjung ke Museum Sonobudoyo, bisa langsung datang ke lokasi. Museum ini buka setiap hari dari Selasa sampai Minggu, mulai pukul 07.30 hingga 15.00 WIB. Kecuali hari Senin dan Hari Besar tutup.*

 

 

 

Sumber: Dispar Kota Yogyakarta

Pos terkait