Bali Park Dasong Tawarkan Wisata MTB, Penggemar Sepeda Gunung Wajib ke Sini!

Bali Park Dasong
Bali Park Dasong di Buleleng Bali.

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian pengemar sepeda gunung atau mountain bike (MTB), Bali menjadi pilihan tepat untuk menyalurkan hobi dan keahlian kalian. Salah satu arena MTB di Bali yang patutu Sobat Turisian jajal yaitu Bali Park Dasong atau Bali Bike Park.

Bali sendiri sudah lama terkenal sebagai destinasi wisata sepeda gunung. Selain keberadaan Bali Park Dasong, juga adanya penyelenggaraan kejuaraan downhill internasional yang sudah menjadi agenda tahunan.

Bali Park Dasong menyajikan sejumlah jalur/track sepeda yang menantang dan menarik. Sobat Turisian yang gemar MTB bisa pilih dan nikmati langsung sensasinya. Jalurnya juga beragam, baik dari sisi genre maupun skill pesepeda.

Keistimewaan lainnya, Bali Bike Park hingga saat ini namanya cukup moncer sampai ke mancanegara. Bahkan sudah banyak rider MTB top dunia datang ke tempat ini. Seperti Kurt Sorge dan rider tim Polygon UR, Sam Reynolds, serta Fabien Cousinie.

Track Menarik di Bali Park Dasong

Salah satu area yang dikelola Bali Bike Park ini, terletak di kawasan perbukitan di Desa Pancasari, Sukasada, Buleleng, Bali, sekitar Danau Buyan. Arena tersebut menyajikan 7 jalur sepeda (track) dengan karakter serta tingkat kesulitan yang berbeda.

Desainnya pun menarik dan dibuat sedemikian rupa yang bisa para rider nikmati. Baik dari kalangan pemula hingga ahli (expert).

Baca juga: Menanti Pesona Keindahan Mentari Terbit di Danau Tamblingan Buleleng

Misalnya jalur dengan sebutan Hypsta, ditujukan bagi Sobat Turisian dari semua kalangan, pemula atau anak-anak. Secara umum, jalur sepanjang sekitar 1,2 km itu memiliki medan yang menurun. Lalu sejumlah area penuh dengan akar pohon dan berm. Meski sebagai track paling dasar, para rider tetap harus waspada, jangan sampai lengah agar terhindar dari bahaya.

Selain ketujuh jalur tadi, Bali Park Dasong juga menyajikan 2 area yang khusus direkomendasikan bagi para expert MTB. Ada Aerodrome dan Black Panther, area khusus yang dibuka oleh salah satu freerider top dunia, Nick Pescetto. Di kedua track ini, terdapat sejumlah area lompatan yang menantang dan berbahaya.

Fasilitas & Harga Wisata Bali Park Dasong

Sobat Turisian yang tertarik menjajal arena Bali Park Dasong ini, akan merasa nyaman dengan tersedianya kafe dan toko suvenir termasuk toilet. Dari tempat kafe ini, pengelola akan mengantar Sobat Turisian ke lokasi start. Sekitar 15 menit jika menempuhnya dengan kendaraan bermotor.

Untuk menikmati lintasan di tepi Danau Buyan ini, Sobat Turisian cukup membeli tiket seharga sekitar Rp.385.000 (khusus rider asal Indonesia). Selain itu, Bali Bike Park menyediakan kendaraan dari area Canggu dengan membayar biaya sebesar Rp.200 ribu per orang.

Bila masih belum puas dengan track di sini, Bali Bike Park juga masih memiliki jalur lain dengan genre yang berbeda. Mulai dari Enduro di kawasan Bali tengah (Gunung Batur) hingga Downhill.

Baca juga: Songket Beratan, Kain Tradisional Bali yang Unik Asal Buleleng

Bali Bike Park juga bekerja sama dengan fasilitas akomodasi The Chillhouse yang berada di kawasan Canggu dengan fasilitas penyewaan sepeda berikut perlengkapannya. Bali Bike Park beroperasi setiap hari, kecuali hari Minggu.*

 

 

 

Sumber & Foto: Dispar Buleleng

 

Pos terkait