Keindahan Curug Bengkawah, Air Terjun Kembar di Pemalang

Curug Bengkawah Pemalang
Curug Bengkawah Pemalang. (Source: visitjawatengah)

TURISIAN.com – Liburan ke Pemalang, Sobat Turisian bisa mengunjungi objek wisata alam Curug Bengkawah. Air terjun kembar yang indah dan memikat mata kalau kalian melihatnya secara langsung.

Curug Bengkawah ini mempunyai ketinggian kurang lebih 20 meter. Selain indah, aliran dari Sungai Kluweh ini juga cukup jernih. Sobat Turisian tak hanya bisa berenang atau bermain air di aliran sungai ini, tapi juga yang hobi mancing bisa memuaskan diri di sini.

Ada beberapa spesies ikan yang bisa Sobat Turisian temukan di sini, salah satunya ikan tambra. Meski begitu ada beberapa larangan yang harus kalian patuhi di tempat wisata ini. Seperti dilarang berburu dan menangkap ikan dengan jala.

Enaknya lagi, harga tiket masuk ke objek wisata Curug Bengkawah sangat terjangkau. Pemandangan di sekitar air terjun yang penuh dengan pepohonan menjadikan suasananya sejuk dan menyegarkan. Sangat cocok buat Sobat Turisian yang butuh healing atau relaksasi dari kepenatan.

Tak hanya pesona alam, di destinasi wisata Pemalang ini pun banyak warung yang menjajakan aneka kudapan. Mulai dari aneka minuman, lotis, rujak, mie instan, ataupun mendoan. Sehingga menarik juga buat tujuan liburan bersama keluarga.

Kenyamanannya pun bertambah dengan kebersihan di sekitar air terjun yang patut mendapat acungan jempol. Pasalnya kondisi air yang bersih semakin jernih lantaran tak tercemar sampah.

Baca juga: Mencicipi Kue Kamir yang Kenyal dan Manis, Dorayaki-nya Pemalang

Untuk itu, Sobat Turisian yang datang ke sini harus ikut menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Kebersihan ini pun turut menjadikan Curug Bengkawah sebagai surga ciblon atau bermain air di sungai.

Selain ciblon, Sobat Turisian juga bisa menjajal keseruan rafting yang sudah pengelola sediakan. Satu paket rafting harganya Rp250 ribu per orang. Dengan harga ini, Sobat Turisian sudah bisa menikmati fasilitas berkemah, makan dan minum, serta hiburan. Pengelola juga menyediakan paket dengan fasilitas rafting saja tanpa berkemah.

Jadi kalau Sobat Turisian melintasi Kecamatan Belik atau berlibur ke Pemalang, jangan lewatkan berkunjung ke Curug Bengkawah. Jangan lupa pula untuk membeli produk UMKM dan icip-icip nanas madu khas Belik.

Lokasi & Akses ke Curug Bengkawah Pemalang

Objek wisata air terjun ini berlokasi di Jalan Sikasur – Simpur, Karangmulyo, Sikasur, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Akses menuju lokasi yang akan Sobat Turisian lewati pun kondisinya cukup baik.

Rutenya, bisa Sobat Turisian mulai dari Alun-Alun Pemalang, dengan perjalanan memakan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam. Begitu memasuki kawasan wisata ini, jalan cor besi sudah tampak hingga menuju tempat parkir sepeda motor. Untuk ke Curug, kalian membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit saja.

Baca juga: 5 Pilihan Wisata Alam Nan Asri di Tawangmangu Jawa Tengah, Mulai dari Bukit hingga Hutan Semua Ada

Panorama sepanjang jalur masuk curug pun patut untuk Sobat Turisian abadikan atau menjadi latar swafoto yang ciamik. Mulai dari pematang sawah, jernihnya air sungai, dan jika beruntung bisa secara langsung melihat kecantikan Gunung Slamet. Meski akses ke Curug Bengkawah menurun, pengelola juga sudah menyediakan akses tangga sehingga lebih aman dan nyaman.*

 

Pos terkait