Mencicipi Kue Kamir yang Kenyal dan Manis, Dorayaki-nya Pemalang

Kue Kamir Pemalang
Kue Kamir Pemalang. (Source: wisatapemalang)

TURISIAN.com – Saat Sobat Turisian berlibur atau melintas ke Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, jangan sampai melewatkan aneka kulinernya yang otentik dan bercita rasa lezat. Salah satuya kue kamir khas Pemalang yang cocok juga buat oleh-oleh.

Kue kenyal dan manis ini merupakan warisan dari orang-orang keturunan Arab di Kelurahan Mulyoharjo, Pemalang. Sebuah kawasan yang juga sering disebut juga dengan Kampung Arab karena banyak keturunan arab yang tinggal di sini. Terutama di sepanjang Jalan Semeru dan Jalan Sindoro.

Dari situlah, kue kamir juga kerap disebut dengan kamir Arab atau ada pula yang menyebutnya dengan sebutan kue samir. Ada lagi yang menyebutnya sebagai kue dorayakinya indonesia atau dorayakinya Pemalang. Karena  bentuk kamir Pemalang ini mirip dorayaki dari Jepang.

Baca juga: 17 Tempat Wisata Kuliner Berbagai Daerah di Indonesia

Bentuknya bulat dengan bagian luar berwarna kecoklatan. Tekstur kuenya kenyal dan rasanya manis. Kue ini dapat dinikmati sembari kumpul bersama keluarga, atau cemilan dalam perjalanan.

Produsen Kue Kamir Pemalang

Para pembuat kue kamir khas Pemalang, bisa Sobat Turisian temukan di Kampung Arab atau Kelurahan Mulyoharjo khususnya sepanjang Jalan Semeru. Selain di Kelurahan Mulyoharjo, Sobat Turisian juga bisa temui di pinggir jalan sekitaran pusat kota Pemalang.

Sobat Turisian juga dapat membeli kue ini di beberapa kios di depan minimarket. Seperti Alfamart di Jalan A. Yani dan Indomaret Kelurahan Beji, serta di pasar-pasar yang ada di Pemalang. Antara lain Pasar Pagi, Pasar Bojongbata, Pasar Banjardawa, Pasar Pertarukan, Pasar Belik, Randudongkal dan lainnya.

Baca juga: Ragam Sate dari Lima Daerah di Jawa Tengah

Kudapan khas Pemalang tersebut, umumnya dijual dengan harga mulai dari Rp 1.500/pcs. Harga yang cukup murah, tapi rasa kuenya tak murahan. Sungguh sedap jika Sobat Turisian menikmatinya bersama secangkir kopi panas atau teh hangat.

Penjual Kue Kamir di Pemalang

Nah jika penasaran dengan kelezatan Kue Kamir Pemalang, Sobat Turisian bisa memilih tempat-tempat penjual kue manis tersebut di sekitaran Pemalang. Antara lain beberapa penjual kue kamir berikut ini!1

  1. Kamir Bu Chamidah, Jl. Semeru Gg. Masjid Noor, Mulyoharjo, Pemalang, Cabang Indomaret Beji, Alfamart Jalan A. Yani.
  2. Kamir Bu Nuning, Jalan Semeru No. 14 Mulyoharjo, Pemalang.
  3. Kamir Alif Putra, Jl. Pemuda No. 51 depan Gedung NU Pemalang.
  4. Kamir Bu Lis, Gang Anggrek, Mulyoharjo, Pemalang.
  5. Toko Kue dan Oleh-Oleh Gita Mas, Jalan  Jend. Sudirman No.195, Mulyoharjo, Pemalang.
  6. Kamir A. Yani, Jln. A. Yani No. 67 Mulyoharjo, Pemalang.
  7. Kamir Hj. Fatimah, Jalan Semeru Mulyoharjo No. 58, Pemalang.

Pos terkait