Kue Jojorong, Camilan Manis Khas Banten

Kue Jojorong Banten
Kue Jojorong Banten. (Source: Disparbud Pandeglang)

TURISIAN.com – Mencicipi camilan khas saat berkunjung ke suatu daerah menjadi hal yang wajib Sobat Turisian lakukan. Selain untuk mengenalnya, juga rasanya pasti enak karena sudah mampu bertahan sejak lama. Seperti Kue Jojorong yang merupakan camilan khas Banten, terutama di wilayah Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak.

Kue Jojorong atau Jojorong adalah makanan khas Banten yang bercita rasa manis. Berbahan dasar tepung beras dan santan kelapa yang bagian dalamnya berisi gula aren. Tempat atau mangkuk kue ini pun cukup unik dan ramah lingkungan karena terbuat dari daun pisang.

Bentuk wadahnya persegi yang setiap ujungnya diikat menggunakan tusuk gigi. Tampak cantik begitu tersaji di atas piring. Oh iya, kue jojorong khas Banten ini tidak tahan lama Sob! Sebab berbahan dasar santan, jadi kue khas Pandeglang ini harus langsung Sobat Turisian santap ketika tersaji karena mudah basi.

Baca juga: Rabeg, Masakan Daging Kambing yang Lezat Khas Kasultanan Banten

Camilan manis khas ini biasanya hanya dapat menikmatinya saat ada acara hajatan di daerah Banten, terutama Kabupaten Lebak dan Pandeglang. Seperti pada acara khitanan atau pernikahan, jojorong khas Banten ini menjadi sajian tuan rumah bagi para tamu yang bersanding dengan makanan tradisional lainnya.

Di luar acara-acara hajatan tersebut, Kue Jojorong pun selalu hadir ketika bulan puasa tiba. Sobat Turisian akan mudah menemukan camilan manis ini di wilayah Kabupaten Pandeglang atau Kabupaten Lebak. Masyarakat Banten banyak yang menjadikan kue khas ini sebagai makanan berbuka puasa yang wajib ada.*

Pos terkait