Bukit Asmara Situk , Wisata Banjarnegara yang Menggoda Adrenalin

Bukit Asmara Situk
Seorang pengunjung Bukit Asmara Situk di Desa Kalilunjar, Kec. Banjarmangu, Kab. Banjarnegara sedang menikmati keindahan panoraa alam dari ketinggian. (Instagaram/@bukit_asmara_situk's profile picture bukit_asmara_situk)

TURISIAN.com – Bukit Asmara Situk muncul sebagai tandingan Dieng di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Tempat wisata ini menjadi tempat wisata yang lagi nge-hits di kalangan milenial karena tiket masuknya yang murah yaitu Rp15.000,00 ditambah lagi spot-spot selfinya yang sangat menarik. Penasaran? Simak, yuk, Guys?

Lokasi Bukit Asmara Situk

Berlokasi di desa Kalilunjar kecamatan Banjarmangu, obyek wisata ini berada tepat di tepi jalan raya Karangkobar. Sehingga sangat mudah bagi pengunjung untuk menemukan lokasinya. Dari kota Banjarnegara perjalanan yang ditempuh kira-kira 30 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor ataupun mobil.

BACA JUGA: Saatnya Menikmati Salju pada Dataran Tinggi Dieng, Ini yang Harus Dipersiapkan

Kondisi Alam

Bukit Asmara Situk atau yang disingkat BAS berada pada ketinggian 683 mdpl. Kontur tanahnya yang berupa perbukitan sangat menantang andrenalin para pengunjung. Karena pengunjung harus berjalan melewati tanjakan-tanjakan yang panjang untuk sampai ke lokasi.

Kondisi jalan juga masih alami yaitu tanah keras yang ketika turun hujan jalanan akan menjadi licin. Namun, pada  kiri kanan jalan terpasang pengaman berupa bambu yang memanjang untuk pegangan.

Kontur Tanjakan Bukit

Spot-spot yang ada pada kawasan ini sangat beragam. Mulai dari pintu masuk pengunjung akan melewati 3 tanjakan panjang.

Tanjakan pertama adalah tanjakan derita yaitu tanjakan yang benar-benar tinggi menanjak. Kedua adalah tanjakan pengorbanan, tanjakan ini tidak semenanjak tanjakan derita.

BACA JUGA: Sedapnya Soto Sokaraja dari Banyumas, Disantap Bersama Tempe Mendoan

Yang terakhir adalah tanjakan cinta atau tanjakan bahagia karena jalanan yang  tidak lagi terlalu menanjak.

Kiri kanan tanjakan  adalah kebun salak milik warga dengan pepohonan yang tinggi dan rimbun sehingga saat berjalan tidak akan kepanasan.

Berswafoto dengan berbagai latar

Spot-Spot Wisata

Setelah terengah-engah melewati 3 tanjakan panjang rasa lelah Sobat Turusian akan terbayar dengan melihat keindahan alam dari atas Bukit Asmara Situk.

Pada sisi ini, spot-spot selfi yang tersedia sangat beragam sehingga kamu bisa berswafoto ria dengan berbagai latar.

Spot pertama adalah rumah hobbit kecil pada tepi jalan. Sama dengan rumah-rumah hobbit lainnya rumah hobbit ini  juga terbuat dari kayu yang tertata rapi.

BACA JUGA: Sushi Mendoan Cirebon, Jajanan Viral yang Lezatnya Kebangetan

Spot-spot lainnya rata-rata berada pada ketinggian seperti rumah pohon. Jembatan kayu panjang yang menguhubungkan dari satu pohon ke pohon lainnya.

Jembatan gantung ke atas pohon yang terbuat dari papan dan bergoyang-goyang saat berjalan, meja kursi dari ban bekas yang tertata pada ketinggian,

Spot selfi ke atas tebing dengan bambu-bambu yang tersusun rapi dan juga wahana becak terbang.

Bagi pengunjung yang phobia dengan ketinggian pasti akan merasa ngeri. Tetapi bagi yang tertantang untuk menguji andrenalinnya akan sangat menikmati spot-spot yang ada pada objek wisata ini.

BACA JUGA: Ragam Sate dari Lima Daerah di Jawa Tengah

Wisata Gua

Satu lagi yang menarik pada area wisata ini yaitu adanya gua Silundu dan air terjun Kracak. Untuk sampai ke gua ini pengunjung harus jalan kaki menuruni bukit.

Perjalanan memang cukup melelahkan karena jalan yang medannya cukup sulit. Ada, tanjakan, turunan, jalan setapak yang sempit dan licin. Termasuk, juga jalan bebatuan yang cukup tajam.

Namun, pengelola tetap memasang pengaman pada kanan kiri jalan untuk pegangan. Sampai ke bawah bukit pengunjung akan menjumpai gua Silindu dan air terjun Kracak.

Gua peninggalan Jepang ini memiliki lorong atau terowongan yang panjang dan gelap. Sebagai penerangnya dalam gua terpasang lampu-lampu yang berwarna-warni sehingga membuat tampilan gua menjadi lebih terang dan menarik.

Bagaimana? Tertarik bukan untuk menguji andrenalin kamu di Bukit Asmara Situk ini? ***

 

Pos terkait