Sushi Mendoan Cirebon, Jajanan Viral yang Lezatnya Kebangetan

Sushi Mendoan Cirebon
Sushi mendoan atau mendoan gulung adalah salah satu jajanan yang saat ini viral di Kota Cirebon. (Instagram.com/ @reseller_tigaraksacrb)

TURISIAN.com – Sushi Mendoan Cirebon adalah salah satu jajanan rakyat yang belakangan sedang hangat diperbincangkan di Kota Cirebon.

Sushi mendoan di Cirebon ini memiliki sajian yang unik dengan cita rasa yang uniknya kebangetan.

Sesuai dengan namanya, sushi mendoan yang viral di Cirebon ini terbuat tempe mendoan yang digulung menyerupai sushi.

Dikutip TURISIAN.com dari kanal Youtube  @Jajan Beken pada Jumat, 15 April 2022, sushi mendoan tersebut memiliki proses pembuatan yang cukup unik.

BACA JUGA: Mencicipi Kelezatan Ayam Goreng Santa Maria, Kuliner Viral dari Cirebon

Terlihat pedagang kreatif ini terlebih dahulu menggoreng telur kocok di dalam minyak panas dengan jumlah yang melimpah.

Jadi terbayang kan bentuk telurnya akan seperti apa?

Telurnya orak-arik tersebut menjadi semakin mengembang karena digoreng di dalam minyak dengan jumlah yang banyak.

Rasa dari irisan daun bawang di dalam campuran telur pun semakin menambah cita rasa.

Setelah matang, telur orak-arik lalu tiriskan untuk selanjutnya ditaruh di atas lembaran tempe mendoan dengan ukuran yang cukup lebar.

Semakin naik kelas, ragam jenis isian pun turut ditambahkan seperti sosis serta suwiran ayam yang melimpah.

BACA JUGA: 4 Keraton di Cirebon, Wisata Sejarah Menarik Buat Tambah Wawasan

Nah, proses berikutnya menjadi alasan mengapa olahan mendoan ini dinamakan sebagai sushi mendoan.

Karena di sini lembaran tempe mendoan berfungsi layaknya nori atau lembaran rumput laut yang biasa dijumpai di setiap sushi.

Prosesnya pun dilanjutkan dengan menggulung seluruh isian bersama lembaran tempe.

Dengan tidak lupa sedikit ditekan supaya rapi dan isian tidak berceceran kemana-mana.

Campuran Bumbu Rahasia

Tapi tunggu dulu, proses ini belum berakhir. Karena gulungan mendoan tersebut lantas dicelupkan ke dalam adonan tepung basah. Tentu, yang telah menggunakan campuran bumbu rahasia serta irisan daun bawang untuk penambah rasa.

BACA JUGA: Rekomendasi 5 Tempat Makan di Cirebon yang Terkenal Lezat

Setelah semua bagian terbalut merata dengan adonan tepung basah, Lalu tempe mendoan pun digoreng dengan minyak panas hingga matang merata.’

Cirinya adalah ketika warnanya sudah berubah menjadi kuning keemasan.

Sushi mendoan selanjutnya ditiriskan, lalu dipotong-potong dengan sudut agak miring layaknya sushi. Kemudian siap disajikan di atas lembaran daun pisang.

Cara menyantapnya pun beragam, selagi hangat bisa dimakan langsung begitu saja, ditambah dengan bumbu kecap gurih ala mendoan atau bersama dengan cabe rawit juga tentunya akan terasa lebih nikmat.

Harga per porsi dari sushi mendoan ini sangat terjangkau, untuk jajanan kaya akan gizi seperti ini kalian hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 15.00 saja.

Penjual pun kini sudah mulai menambah aneka varian untuk sushi mendoan buatannya seperti menu mendoan rasa keju serta mendoan rasa daging sapi yang berisikan olahan daging sapi dengan cita rasa kearifan lokal khas Indonesia tentunya.

BACA JUGA: Beragam Es di Indonesia yang Bisa Menjadi Menu Berbuka Puasa

Harga Mendoan Original

Namun, bagi para pecinta mendoan yang lebih menyukai mendoan asli tanpa tambahan apapun, tenang saja karena penjual juga tetap menyediakan mendoan original dengan harga Rp 2.000 per porsinya.

Tempe yang digunakan pun bukan sembarang tempe, diputuskan untuk menggunakan tempe mendoan asal dari Cilacap karena dikenal memiliki tekstur yang lebih lentur serta tidak mudah patah ketika digulung nanti.

Jika ingin mencicipi kelezatannya, ketika berwisata ke Cirebon jangan lupa untuk mampir ke jajanan kaki lima viral yang beralamat di dekat Kampung Batik Trusmi, Cirebon.

Jajanan viral asal Cirebon ini siap melayani para petualang rasa mulai pukul 16.00 hingga 22.00 WIB.

BACA JUGA: Rasakan Sensasi Berbeda di 4 Wisata Susur Gua Paling Ngehits Di Jabar Ini

Menu yang satu ini sangat cocok disantap untuk menu berbuka puasa karena memiliki nilai gizi yang cukup tinggi, ada protein dari tempe dan telur hingga kandungan kalori dari daging ayam yang digunakan sebagai isian.

Sementara itu, mendoan merupakan makanan khas dari Banyumas, Jawa Tengah, yang berasal dari kata ‘mendo’ yang berarti setengah matang atau lembek, yang diolah dengan minyak panas dalam waktu singkat hingga tidak benar-benar matang.

Namun kini mendoan marak dijumpai di sejumlah daerah di Indonesia seperti Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap hingga Cirebon. ***

Pos terkait