Pulau Sangiang Banten Suguhkan Beragam Daya Tarik Wisata

Pulau Sangiang
Pulau Sangiang Banten yang memesona. (dok. Disbudpar Banten)

TURISIAN.com – Pulau Sangiang merupakan pulau kecil yang masih “perawan” karena suasananya masih alami dan minim sentuhan modern. Namun menyuguhkan beragam daya tarik wisata yang menarik buat Sobat Turisian kunjungi.

Objek wisata alam ini berada di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten. Di sini Sobat Turisian bisa menikmati keindahan alam yang sangat memesona. Selain itu, Pulau Sangiang juga menyimpan nilai histori yang menarik untuk diketahui.

Pada masa kolonial dulu, pulau di Banten ini menjadi tempat untuk menimbun harta karun hasil rampasan pada masa penjajahan. Harta tersebut kemudian diangkut ke negara yang pada saat itu sedang menduduki wilayah Indonesia.

Lepas dari kisah masa lampau itu, kini Pulau Sangiang berubah menjadi salah satu tempat wisata Banten yang menarik. Dengan beragam daya tarik wisatanya, pulau ini telah mampu menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pesona Alam Pulau Sangiang

Di sini, Sobat Turisian bisa menikmati keindahan alam lanskap pantai dari atas Gunung Gede yang berada di sebelah barat Pulau Sangiang. Bisa juga bermalam di sekitar pantai tersebut dengan mendirikan tenda.

Bagi Sobat Turisian yang hobi fotografi, pulau yang satu ini juga menawarkan berbagai spot alam di sekeliling pantai yang menakjubkan. Sangat indah untuk menjadi objek foto atau latar swafoto kalian.

Baca juga: Pulau Dua Banten Sajikan Keindahan Alam dan Atraksi Ribuan Burung

Tak hanya di darat, pesona bawah laut Pulau Sangiang juga tak kalah cantiknya. Semua keindahannya bisa dinikmati dengan snorkeling atau diving.

Bagi Sobat Turisian yang tak bisa berenang, tak usah khawatir karena di sana tersedia glass bottom boat. Dengan naik kapal ini, dapat menikmati keindahan bawah laut tanpa harus basah-basahan. Spot terbaiknya ada di perairan wilayah Legon Waru.

Sementara untuk menikmati pemandangan laut secara langsung tanpa melalui perahu, Sobat Turisian bisa diving di Tanjung Raden.

Wisata Sejarah Pulau Sangiang

Berlibur ke tempat wisata Banten tersebut semakin lengkap dengan melihat secara langsung peninggalan sejarah Perang Dunia II. Berupa puing-puing yang sangat menarik untuk Sobat Turisian kunjungi.

Salah satu peninggalan yang paling mencuri perhatian, ada benteng peninggalan pada masa pemerintahan Jepang. Terletak tidak jauh dari pos TNI AL yang terdapat di pulau ini.

Rute Menuju Pulau Sangiang

Jika berencana mengunjungi tempat wisata Banten ini, Sobat Turisian dapat menaiki bus umum jurusan Merak dari Jakarta. Kemudian turun di terminal bayangan PCI. Dari terminal bayangan itu, lanjutkan dengan menaiki angkutan umum yang menuju Simpang Lima Cilegon. Dengan ongkos sebesar Rp3.000.

Baca juga: Bukit Waruwangi Serang, Wisata Kekinian Banten yang Sejuk Bikin Betah

Setelah sampai di Simpang Lima Cilegon, Sobat Turisian harus berganti angkutan umum, dan pilih yang menuju Paku-Anyer dengan tarif Rp5.000. Tiba di Paku-Anyer, Sobat Turisian mesti menyewa perahu motor untuk menyeberang ke Pulau Sangiang. Perjalanan tersebut memakan waktu sekitar 45 menit.*

Pos terkait