Taman Wisata Kaliurang, Tempat Piknik Asik dengan Beragam Wahana

Taman Wisata Kaliurang
Taman Wisata Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. (Source: Dispar Sleman)

TURISIAN.com – Wisata ke Gunung Merapi makin asyik kalau Sobat Turisian mampir ke Taman Wisata Kaliurang. Tempatnya menarik dengan berbagai wahana permainan yang seru buat liburan bersama keluarga.

Taman wisata ini terletak di kawasan lereng Gunung Merapi. Tepatnya di Desa Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Lokasinya yang berada di lereng gunung di ketinggian kurang lebih 900 mdpl, membuat udara di sekitarnya cukup sejuk bikin nyaman.

Berjarak kurang lebih 25 km dari pusat Kota Yogyakarta. Untuk menuju ke sini aksesnya cukup mudah. Sobat Turisian hanya perlu menuju ke arah Jalan Kaliurang, dengan mengikuti jalan hingga menemukan papan petunjuk menuju gerbang masuk kawasan Kaliurang.

Sepanjang perjalanan menuju Taman Wisata Kaliurang, Sobat Turisian sudah mendapat suguhan alam pegunungan yang indah di sepanjang kanan dan kiri jalan. Begitu tiba di tempat ini, kalian bisa merasakan kesegaran udara dan pemandangan khas pegunungan dengan pepohonan yang hijau memikat mata.

Tempat wisata Kaliurang ini sangat cocok sebagai tempat berkumpul bersama keluarga besar untuk bercengkrama menghabiskan akhir pekan.

Wahana Permainan Taman Wisata Kaliurang

Kalau Sobat Turisian berkunjung ke sini, selain bisa menikmati panorama alam yang indah, juga bisa menjajal berbagai wahana permainan yang ramah anak. Sehingga kalian tak perlu ragu untuk mengajak keluarga piknik ke tempat ini.

Baca juga: Nikmati Pesona Keindahan Merapi dan Sekitarnya dari Gardu Pandang Kaliurang

Berbagai wahana permainan yang tersedia di Taman Wisata Kaliurang, di antaranya flying fox, jembatan gantung, Rumah Ridz High Rope, hingga terapi ikan. Sobat Turisian juga bisa menaiki kereta kelinci atau mobil Land Over berkeliling kawasan Kaliurang.

Selain itu, kawasan Kaliurang pun menyediakan area berkemah yang sudah menjadi langganan rombongan dari berbagai daerah khususnya sekolah-sekolah. Objek wisata ini juga cocok sebagai tempat untuk gathering.

Pengelola taman wisata ini sudah menyediakan aneka permainan outbond dan fasilitas gathering. Pastikan Sobat Turisian dan rombongan melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum berkunjung.

Sajian Kuliner di Taman Wisata Kaliurang

Saat berkunjung ke Kaliurang, Sobat Turisian jangan lewatkan juga untuk mencicipi makanan khas, yaitu Jadah Tempe. Salah satu makanan tradisional Jogja yang terbuat dari beras ketan dan tempe dengan olahan bacem.

Begitu mencicipinya, Sobat Turisian akan merasakan perpaduan rasa yang gurih dan manis. Sangat pas menikmatinya bersama keluarga atau teman terdekat sembari merasakan udara segar kawasan Taman Wisata Kaliurang.

Baca juga: Uji Nyali di Wisata Adventure Lava Tour Merapi yang Seru Banget!

Jadah tempe Kaliurang juga cocok untuk menjadi oleh-oleh. Tiket masuk ke kawasan wisata ini pun cukup terjangkau, hanya Rp8.000,- per orang. Fasilitas pendukungnya sudah cukup lengkap, terdapat kamar mandi, musala, gazebo, warung makan, dan penginapan.*

Pos terkait