Belajar Mengenal Budaya Betawi di Kampung Wisata Setu Babakan Jakarta

Kampung Setu Babakan
Kampung Setu Babakan, Jakarta. (Source: indonesia.travel)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian yang ingin belajar mengenal budaya tradisional Betawi, bisa berkunjung ke Kampung Wisata Setu Babakan. Lokasinya berada di Jalan RM. Kahfi II, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Objek wisata budaya yang satu ini merupakan salah satu kampung yang paling tenar sebagai tempat untuk mencari tahu serba-serbi kebudayaan Betawi. Karena kampung ini masih menjaga dan melestarikan beragam budaya Betawi hingga saat ini.

Di Kampung Wisata Setu Babakan Jakarta ini, Sobat Turisian bisa menikmati beragam aktivitas wisata budaya. Seperti menyaksikan pagelaran seni musik, tari, dan teater tradisional khas Betawi. Kemudian menyaksikan langsung aktivitas perkampungan budaya dan prosesi adat, membatik, serta membuat bir pletok.

Bukan hanya itu saja, di Kampung Budaya Betawi ini juga Sobat Turisian bisa melihat aktivitas ngederes, latihan pukul (Silat Beksi). Lalu pesta nikah, akekah, injek tanah, ngarak nganten sunat.

Baca juga: Jalan-Jalan ke Kampung Budaya Betawi yang Masih Eksis di Jakarta

Sampai kegiatan mengolah makanan khas Betawi dapat Sobat Turisian pelajari di Kampung Setu Babakan. Seperti sayur asem, sayur lodeh, soto, pecak ikan, kerak telor, laksa, toge goreng, dodol, uli, tape, geplak, wajik, dan lainnya.

Terdapat pula objek wisata agro di perkebunan buah-buahan khas Betawi. Letaknya di pelataran perkampungan dan di halaman rumah-rumah penduduk kampung wisata yang satu ini.

Sobat Turisian juga jangan lewatkan untuk menikmati keseruan wahana wisata air. Antara lain sepeda air, kano, dan memancing. Kalau ingin suasananya lebih ramai lagi, Sobat Turisian datang di akhir pekan karena ada pertunjukan kesenian Betawi di amphiteather.

Baca juga: Yuk Rekreasi Sambil Edukasi ke Museum Taman Prasasti Jakarta!

Kampung Wisata Setu Babakan Jakarta ini buka setiap hari, mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB. Perkampungan budaya Betawi ini, menempati kawasan seluas kurang lebih 289 hektare.*

 

Pos terkait