Jalan-Jalan ke Kampung Budaya Betawi yang Masih Eksis di Jakarta

Kampung Budaya Betawi
Kampung Rawa Belong, Palmerah, Jakarta.

TURISIAN.com – Sobat Turisian pasti sudah pada tahu kalau ikon budaya Ibu Kota Jakarta adalah kebudayaan suku Betawi. Hal ini pun terbukti dengan keberadaan sejumlah Kampung Budaya Betawi yang masih eksis melestarikan kebudayaannya hingga saat ini.

Nah bagi Sobat Turisian yang penasaran atau tertarik mengenal lebih dekat budaya Betawi, bisa berkunjung ke sejumlah Kampung Budaya Betawi tersebut. Berikut ini ada tiga rekomendasi Kampung Budaya Betawi yang menarik buat Sobat Turisian kunjungi. Sekalian jalan-jalan di Ibu Kota Jakarta.

1. Kampung Rawa Belong, Palmerah

Kampung Budaya Betawi yang satu ini merupakan salah satu yang legendaris dengan berbagai potensi seni dan budaya yang menarik. Lokasinya di Jalan Rawa Belong, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Berada di pertigaan yang menghubungkan Jalan Rawa Belong, Jalan Palmerah, dan Jalan Kebayoran Lama.

Keistimewaan Kampung Rawa Belong, kabarnya sebagai tempat lahirnya sang legenda jawara Betawi, Si Pitung, sekitar tahun 1866. Bahkan tak hanya Si Pitung, jawara Betawi lainnya seperti Mat Item dan sastrawan Betawi SM Ardan juga pernah mendiami kampung ini.

Baca juga: 5 Kuliner Tradisional Betawi yang Melegenda dan Masih Bisa Dinikmati di Jakarta

Selain itu, Kampung Budaya Betawi ini merupakan tempat berkembangnya seni persilatan Betawi yang bernama Cingkrik. Kalau Sobat Turisian main ke sini, jangan lupa beli bunga sebab kampung ini juga terkenal sebagai pusat penjualan bunga segar terbesar di ibu kota.

2. Kampung Setu Babakan, Jagakarsa

kampung budaya betawi

Berikutnya ada Kampung Setu Babakan di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kampung Budaya Betawi ini merupakan salah satu kampung yang paling tenar sebagai tempat untuk mencari tahu serba-serbi kebudayaan Betawi.

Di kampung wisata Jakarta ini Sobat Turisian bisa menikmati beragam aktivitas wisata budaya. Seperti menyaksikan pagelaran seni musik, tari, dan teater tradisional khas Betawi. Lalu melihat langsung aktivitas perkampungan budaya dan prosesi adat, membatik, serta membuat bir pletok.

Bukan hanya itu saja, di Kampung Budaya Betawi ini juga terdapat objek wisata agro di perkebunan buah-buahan khas Betawi. Letaknya di pelataran perkampungan dan di halaman rumah-rumah penduduk. Jangan lewatkan juga spot wisata air seperti sepeda air, kano, dan memancing. Pokoknya seru banget nih Sob!

Baca juga: TWA Angke Kapuk, Wisata Alam di Jakarta yang Bikin Fresh

Kampung Wisata Setu Babakan buka setiap hari, mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB. Alamat lengkapnya di Jalan RM. Kahfi II, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

3. Kampung Si Pitung, Cilincing

kampung budaya betawi

Kampung Budaya Betawi yang terakhir ini terkenal sebagai Kampung Si Pitung yang berada di daerah Cilincing. Jawara Betawi, Si Pitung sendiri sudah kita ketahui di atas, jika tempat lahirnya di Kampung Rawa Belong.

Nah, kalau kampung di Cilincing ini merupakan tempat tinggalnya Si Pitung. Makanya diberi nama Kampung Si Pitung. Kampung Betawi ini hanya berupa rumah panggung yang megah dan terbuat dari ornamen kayu, bergaya arsitektur Bugis.

Rumah tersebut memiliki ruangan seperti rumah pada umumnya. Ada ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, ruang makan, dapur, teras, dan serambi belakang. Dekorasi interiornya pun klasik dan khas zaman dahulu. Sehingga Sobat Turisian bisa merasakan vibes rumah Si Pitung sang Jawara Betawi.

Baca juga: 5 Spot Bersepeda di Jakarta, Buat Aktivitas Akhir Pekan Bersama Keluarga

Objek wisata budaya Betawi ini buka dari jam 8 pagi sampai dengan jam 4 sore setiap harinya. Lokasinya berada di Jalan Kampung Marunda Pulo, Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, DKI Jakarta.*

 

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel

Pos terkait