5 Spot Bersepeda di Jakarta, Buat Aktivitas Akhir Pekan Bersama Keluarga

spot bersepeda Jakarta
Spot Bersepeda Kawasan Monas.

TURISIAN.com  – Sepeda menjadi salah satu olahraga keluarga yang banyak digemari masyarakat. Selain buat kesehatan tubuh, bisa menjadi wisata keluarga di akhir pekan terutama di wilayah perkotaan. Banyak spot bersepeda yang bisa Sobat Turisian coba, seperti di wilayah Jakarta.

Sejumlah spot bersepeda di Jakarta ini sangat aman Sobat Turisian kunjungi bersama keluarga. Dan yang paling utama, sangat menyenangkan sehingga bisa menghilangkan penat akibat rutinitas sehari-hari.

Berikut ini ada 5 spot bersepeda di Jakarta yang wajib Sobat Turisian datangi akhir pekan nanti, di antaranya:

1. Monumen Nasional (Monas)

Monas yang menajdi ikon Ibu Kota Jakarta ini, menjadi pilihan favorit banyak wisatawan maupun warga Jakarta untuk bersepeda di akhir pekan. Selainnnya namanya yang sudah tenar, kawasan Monas memiliki are yang luas dan nyaman unutk bersepeda ria bersama keluarga.

Di samping itu, di spot bersepeda Jakarta ini ada layanan bike-sharing atau sewa sepeda yang bisa Sobat Turisian gunakan sepuasnya untuk menelusuri area Monas. Layanan ini bernama GOWES yang aplikasinya bisa Sobat Turisian unduh di playstore.

Nantinya, Sobat Turisian bersama keluarga bisa menggunakan sepeda dengan memindai QR Code-nya. Jalur bebas kendaraan bermotor di Monas sendiri cukup luas, yang tentunya bisa Sobat Turisian telusuri bersama keluarga dengan sepeda.

Baca juga: Yuk Jalan-Jalan ke 4 Museum Seni Rupa di Jakarta! Rekreasi Sekaligus Tambah Wawasan

Gedung-gedung pencakar langit pun terlihat mewarnai panorama sekitar Monas. Bisa juga nih untuk jalan-jalan sore! Area Monas ini buka dari Selasa sampai Minggu, mulai pukul 07.00 hingga pukul 16.00 WIB.

2. Gelora Bung Karno (GBK)

spot bersepeda Jakarta

Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) memang sudah terkenal menjadi lokasi favorit untuk berolahraga. Bukan hanya olahraga akbar seperti pertandingan bola, tapi juga olahraga ringan yang biasa dilakukan para warga di akhir pekan.

Oh iya, Sobat Turisian enggak bisa berolahraga di dalam stadionnya, ya! Lokasi yang bisa Sobat Turisian gunakan untuk olahraga ringan seperti bersepeda ada di lingkaran luar stadion dan hutan kota.

Sama seperti dua tempat sebelumnya, GBK juga menyediakan fasilitas penyewaan sepeda yang bisa Sobat Turisian temukan di Pintu 11. Ada dua jenis sepeda yang bisa Sobat Turisian pilih, yaitu sepeda tunggal dan ganda. Masing-masing memiliki durasi sewa yang berbeda.

Jam buka area GBK setiap hari, dari Senin sampai Minggu mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Alamatnya ada di Jl. Pintu Satu Senayan, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

3. Taman Margasatwa Ragunan

Spot bersepeda di Jakarta selanjutnya yaitu kawasan Taman Margasatwa Ragunan. Jamin Sobat Turisian akan senang bersepeda di sini, apalagi bagi anak-anak. Karena sambil bersepeda, bisa sekalian rekreasi melihat berbagai satwa.

Di akhir pekan, banyak keluarga dari berbagai daerah datang ke kebun binatang populer ini karena areanya yang luas dan ada keberagaman satwa di dalamnya. Mengelilingi kebun binatang ini juga semakin seru sambil bersepeda.

Baca juga: 5 Kuliner Tradisional Betawi yang Melegenda dan Masih Bisa Dinikmati di Jakarta

Taman Margasatwa Ragunan juga menyediakan fasilitas penyewaan sepeda dengan dua model, yaitu sepeda tunggal (satu kayuh) dan sepeda ganda (dua kayuh). Sobat Turisian bisa pilih sepeda ganda biar tambah seru gowesnya bersama orang tercinta.

Objek wisata Jakarta ini buka setiap hari, dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB. Lokasinya di Jalan Harsono RM No.1, Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

4. Kota Tua Jakarta

spot bersepeda jakarta

Berkunjung ke kawasan Kota Tua Jakarta rasanya kurang lengkap kalau Sobat Turisian belum bersepeda. Terlebih bersepedanya menggunakan sepeda ontel, terasa banget nuansa klasiknya, Sobat Turisian!

Itulah yang menjadi ciri khas dari Kota Tua yang termasuk spot bersepeda Jakarta yang menarik untuk dikunjungi. Sobat Turisian bisa menyewa sepeda ontel tersebut dengan mudah karena pangkalannya terlihat jelas di 5 titik di Kota Tua.

Sepeda ontel yang berwarna-warni ini bisa Sobat Turisian sewa dengan durasi setengah jam. Harga sewanya pun sudah termasuk topi pantainya juga.

Tempat wisata Kota Tua Jakarta ini, beroperasi dari pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB setiap harinya. Lokasi kawasan Kota Tua berada di Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, DKI Jakarta.

5. Pantai Indah Kapuk (PIK)

Spot bersepeda di Jakarta yang terakhir, yakni Pantai Indah Kapuk (PIK). Kawasan ini menjadi pilihan tepat untuk Sobat Turisian jika ingin wisata bersepeda bersama keluarga.

Di kawasan PIK terdapat sejumlah destinasi wisata yang menarik dan menawan. Seperti jembatan penghubung antara PIK 1 dan Golf Island PIK 2, sampai ke daerah Pecinan dan pantai reklamasi yang ciamik.

Baca juga: TWA Angke Kapuk, Wisata Alam di Jakarta yang Bikin Fresh

Tempat penyewaan sepeda pun tersedia dengan harga sewa yang cukup murah, dan bisa digunakan selama satu jam. Selain itu, tersedia juga air mineral gratis. Sobat Turisian tak perlu khawatir enggak kebagian sepedanya, karena tersedia hingga 200 unit lebih.

Objek wisata Jakarta ini buka setiap hari, dari pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Alamatnya di Jalan Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara, DKI Jakarta.*

 

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel

Pos terkait