Yuk Jalan-Jalan ke 4 Museum Seni Rupa di Jakarta! Rekreasi Sekaligus Tambah Wawasan

Museum di Jakarta
Salah satu koleksi Museum Macan. (source jakarta-tourism)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian yang ada di Jakarta atau yang dari luar kota lagi liburan ke Ibu Kota, mampir dulu yuk ke museum di Jakarta. Di tempat wisata ini banyak wawasan yang akan didapat dan koleksi-koleksinya menarik.

Di Indonesia sendiri, ada berbagai galeri atau museum seni rupa yang tersebar di berbagai wilayah, tapi sebagian besar berada di Ibu Kota Jakarta. Koleksinya mulai dari karya seni kontemporer, hingga karya-karya klasik sejak zaman kerajaan dulu.

Berikut ini ada 4 museum seni rupa di Jakarta yang menyimpan karya-karya seni terbaik Indonesia yang menarik Sobat Turisian kunjungi.

1. Museum Macan
Museum di Jakarta
Sudut lain di Museum Macan. (dok. Museum Macan)

Kehadiran Museum Macan digagas dan pendiriannya oleh seorang kolektor seni Indonesia, Haryanto Adikoesoemo, pada November 2017. Museum ini berdiri di atas lahan seluas 4.000 meter persegi.

Koleksinya mencapai sekitar 800 karya seni kontemporer dan modern Indonesia. Bentuknya tidak hanya berupa tulisan, tapi juga dalam berbagai medium dan teknik. Keunikan museum ini, tata letak koleksinya selalu diubah dalam tempo yang rutin.

Nama Museum Macan tersebut bukan berarti mengoleksi tentang satwa macan. Namun merupakan singkatan dari “Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara”. Lokasinya berada di AKR Tower, Jl. Perjuangan No.5, Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Museum Macan mulai naik daun berkat karya seniman Yayoi Kusama berjudul “Life is The Heart of Rainbow”.  Museum ini juga menjadi institusi pertama di Indonesia yang mengizinkan akses publik terhadap koleksi seni modern dan kontemporer di Indonesia.

2. Galeri Nasional
Galeri Nasional
Suasana di Galeri Nasional. (dok. @galerinasional)

Galeri Nasional termasuk museum seni rupa yang sangat lengkap. Memiliki 2 ruang pameran utama, yaitu ruang pameran tetap dan ruang pameran temporer.

Baca juga: TWA Angke Kapuk, Wisata Alam di Jakarta yang Bikin Fresh

Pada ruang pameran tetap Sobat Turisian bisa menyaksikan beragam koleksi lukisan dari berbagai seniman lokal dan internasional. Sedangkan di ruang pameran temporer terdapat koleksi seni tematis yang diselenggarakan pada periode-periode tertentu.

Koleksi karya seni rupa di Galeri Nasional mencapai sekitar 17.000 karya. Meliputi karya lukisan, foto, hingga pahatan. Tak hanya karya seni rupa klasik, Galeri Nasional juga memamerkan karya seni rupa kontemporer yang mendukung selera masa kini.

Pos terkait