Kampung Wisata Pakualaman, Tempat Wisata Budaya di Yogyakarta yang Asyik Dikunjungi

Kampung Wisata Pakualaman
Istana Puro Pakualaman. (source: Dispar Kota Jogja)

TURISIAN.com – Wisata budaya sudah menjadi unggulan Yogyakarta sejak lama. Di sana banyak tempat wisata budaya yang menarik dan asyik dikunjungi Sobat Turisian saat berlibur ke Jogja. Salah satunya Kampung Wisata Pakualaman.

Kampung budaya ini berada di wilayah Gunungketur dan Kelurahan Purwokinanti, Kecamatan Pakualaman, Kota Yogyakarta. Berjarak sekitar 2 kilometer dari kawasan Malioboro.

Daya tarik kampung wisata di Jogja tersebut, yakni keberadaan Istana Kadipaten Puro Pakualaman dan Pangeran Natakusumo (Putra Sultan Hamengkubuwono I) yang kemudian ditahtakan menjadi Pakualam I. Serta menjadi penyangga wisata Museum TNI Jenderal Sudirman.

Istana Puro Pakualaman sendiri merupakan pusat pemerintahan. Lengkap dengan alun-alun (Sewandanan), masjid, pasar. Serta kawasan pemukiman penduduk dan abdi dalem untuk para petinggi istana.

Jalan-jalan ke sini semakin menarik karena Sobat Turisian bisa menyaksikan dan belajar seni dan budaya tradisional Jawa. Mulai dari seni Karawitan, Jemparingan (panahan tradisional), kerajinan batik tulis motif khas Puro Pakualaman, kerajinan berbahan dasar bambu, kuningan, kayu, dan lainnya.

Baca juga: Wisata Malam Yogyakarta, Ada Tugu Jogja yang Ikonik dan Instagenik

Tambah lagi sajian kuliner tradisional yang otentik dan sedap membuat makin betah dan nyaman wisata ke kampung budaya di Jogja ini. Di sini tersedia menu jamu tradisional “Jamu Ginggang”, enting-enting, Gudeg Permata.

Ada pula kawasan pusat jajanan dan kuliner Sewandanan yang menyediakan beraneka kuliner khas Jogja. Seperti rujak es krim yang cukup populer.

Museum & Atraksi Budaya Kampung Pakualaman

Kampung Wisata Pakualaman pun bekerja sama dengan pihak Istana Puro Pakualaman membuka tur wisata edukasi ke Museum Istana Puro Pakualaman. Museum yang menyimpan beragam koleksi Keraton Yogyakarta, paling menarik perhatian yaitu Kereta Kencana.

Selain itu, Sobat Turisian juga bisa menyaksikan atraksi budaya, yaitu prosesi pergantian tugas jaga Keraton Kadipaten Pakualaman yang berlangsung setiap 9 atau 35 hari sekali. Suasana upacara ganti jaga ini semakin meriah dengan pagelaran kesenian rakyat. Seperti Jathilan maupun atraksi lainnya. Kemudian ada pula agenda gelar budaya adat dan tradisi Grebeg Kampung yang berlangsung setiap tahun.

Baca juga: Lepaskan Dahaga Setelah Berpuasa dengan Kesegaran Rujak Es Krim Jogja

Bagi Sobat Turisian yang ingin puas mengeksplorasi pesona Kampung Pakualaman Jogja ini, bisa bermalam di sana. Tersedia pilihan akomodasi homestay, pondok wisata, maupun hotel.*

 

 

Pos terkait