4 Tempat Wisata Belanja Suvenir di Yogyakarta, Wajib Mampir Buat Beli Oleh-Oleh!

wisata belanja Yogyakarta
Kerajinan perak di Kota Gede. (source: indonesia.travel)

TURISIAN.com – Tempat wisata belanja suvenir di Yogyakarta selain bisa membeli oleh-oleh, juga menjadi aktivitas wisata yang menarik. Di situ Sobat Turisian bisa melihat langsung pembuatan kerajinan tangan. Rata-rata para perajin masih memproduksi karyanya secara tradisional. Menarik, lho!

Berbekal warisan sejarahnya yang kaya, Yogyakarta menjadi rumah bagi berbagai jenis kerajinan tradisional yang unik dan menarik. Berikut ini tempat wisata belanja suvenir di Yogyakarta yang wajib dikunjungi Sobat Turisian.

Malioboro (One Stop Shopping)

Malioboro merupakan sebuah kawasan yang sudah familiar dan menjadi ikon wisatanya Yogyakarta. Juga diklaim sebagai ‘surga’ belanja di Kota Jogja. Di sepanjang jalan ini, Sobat Turisian bisa menemukan apapun. Mulai dari warung sederhana yang menjual masakan tradisional hingga pusat perbelanjaan modern, serta hotel-hotel mewah.

Pada siang hari, Malioboro cukup sibuk dan akan lebih meriah saat malam tiba. Di kiri kanan jalan terdapat pertokoan yang menjajakan oleh-oleh khas Jogja. Ada makanan sampai suvenir kerajinan tangan.

Batik Beringharjo

Beringharjo merupakan pasar tradisional terbesar di Yogyakarta. Tempat ini sudah sejak lama terkenal sebagai destinasi wisata belanja di Yogyakarta.

Sejarah penamaan “Beringharjo” diberikan almarhum Sultan Hamengku Buwono VIII. Terdiri dari dua kata, yaitu “bering” dan “harjo”. Bering merujuk pada asal muasal tempat ini yang dulunya merupakan hutan beringin. Sedangkan “Harjo” mengungkapkan harapan bahwa tempat ini akan membawa kemakmuran bagi masyarakat.

Pintu masuk utama Pasar Beringharjo berada di sebelah barat yang langsung menghadap Jalan Malioboro. Pasar ini juga terbagi menjadi beberapa zona.

Silakan baca: Menyusuri Keindahan dalam Kegelapan Gua Jomblang yang Cukup Menantang

Di lantai pertama, khusus penjual buah-buahan, sayuran, dan hidangan tradisional yang lezat. Sebagian sisanya menjajakan berbagai macam batik berkualitas dengan harga yang terbilang murah. Sobat Turisian cocok untuk membelinya sebagai oleh-oleh.

Kemudian di lantai berikutnya, terdapat sejumlah toko yang menjual rempah-rempah Jawa. Seperti asam, temulawak, jahe, kayu mani, dan masih banyak lagi.

Pos terkait