Yuk Jalan-Jalan ke 4 Museum Seni Rupa di Jakarta! Rekreasi Sekaligus Tambah Wawasan

Museum di Jakarta
Salah satu koleksi Museum Macan. (source jakarta-tourism)

Karya-karya legendaris dari seniman Indonesia mendominasi koleksi di galeri ini. Ada pula karya yang berasal dari negara lain, antara lain Peru, Kuba, India, Sudan, Myanmar, dan Vietnam.

Lokasi Galeri Nasional berada di Jl. Medan Merdeka Timur No.14, Gambir, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

3. Museum Nasional (Museum Gajah)
Museum di Jakarta
Tugu Gajah di halaman Museum Nasional. (dok. jakarta-tourism)

Museum Nasional pertama kali dibuka pada 1962. Museum ini dikenal juga dengan sebutan Museum Gajah. Karena terdapat patung gajah di halaman depan yang menjadi ikon museum.

Objek wisata Jakarta ini menempati gedung yang merupakan bangunan heritage. Peninggalan masa pemerintahan kolonial Belanda.

Dalam museum di Jakarta ini, tersimpan koleksi yang lengkap karena levelnya sebagai museum tingkat nasional. Koleksi seni rupa di sini, sebagian besar berupa benda empat dimensi yang mayoritas merupakan karya-karya klasik. Ciri khasnya berupa koleksi patung dan arca dari berbagai zaman.

Tempat wisata edukasi Jakarta ini memiliki seluruh koleksi mencapai sekitar 140.000 koleksi. Namun yang berkenaan khusus dengan seni rupa belum terhitung secara pasti.

Lokasi Museum Gajah berada di Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

4. Museum Seni Rupa dan Keramik
Museum Seni Rupa dan Keramik
Museum Seni Rupa dan Keramik. (dok. jakarta-tourism.go.id)

Ada sekitar 500 karya seni rupa yang Sobat Turisian bisa lihat di Museum Seni Rupa dan Keramik. Terdiri dari koleksi berbagai bahan dan teknik dalam dunia seni rupa.

Menariknya lagi, museum ini menyimpan berbagai koleksi penting terkait dengan sejarah seni rupa di Indonesia. Sejumlah lukisan penting dan masterpiece ada di sana. Seperti lukisan karya Hendra Gunawan berjudul “Pengantin Revolusi”, “Bupati Cianjur” karya Raden Saleh, “Ibu Menyusui” karya Dullah, ”Seiko” karya S. Sudjojono, hingga “Potret Diri” karya Affandi.

Gedung museum tersebut termasuk bangunan heritage juga, dibangun pada 1870. Namun baru berfungsi sebagai Museum Seni Rupa dan Keramik pada 1990.

Baca juga: Museum Gunungapi Merapi, Tempat Wisata Edukasi Menarik di Yogyakarta

Selain lukisan, museum ini menyimpan berbagai koleksi patung cantik dan legendaris. Salah satu patung yang fenomenal, yaitu Patung Bali karya I Wayan Tjokot dan keluarga. Museum pun semakin lengkap dengan adanya perpustakaan beragam buku seni rupa. Pilihan tepat bagi Sobat Turisian yang ingin mencari wawasan soal seni rupa Indonesia.

Lokasi Museum Seni Rupa dan Keramik berada di Jl. Pos Kota No.2, Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Pos terkait