5 Kuliner Tradisional Betawi yang Melegenda dan Masih Bisa Dinikmati di Jakarta

Kuliner tradisional Betawi
Soto Betawi. (source: indonesia.travel)

TURISIAN.com – Meski Kota Jakarta sudah mengalami modernisasi, tetapi urusan kuliner tradisional masih bertahan. Kota Megapolitan ini menawarkan beragam kuliner tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Termasuk aneka kuliner tradisional Betawi sebagai tuan rumahnya.

Saat ini, kita masih bisa menikmati aneka kuliner tradisional Betawi yang sudah melegenda. Banyak para penjualnya pun yang mampu bertahan sejak lama. Berikut ini ada 5 rekomendasi kuliner khas Betawi yang kini masih bisa dinikmati di Jakarta, dirangkum dari laman indonesia.travel!

Nasi Uduk Khas Betawi

Nasi Uduk khas Betawi menjadi makanan tradisional yang akan mengawali petualangan wisata kuliner Anda di Jakarta. Pasalnya makanan ini biasa dijadikan menu sarapan masyarakat Betawi. Jadi akan mudah dijumpai saat pagi hari.

Kuliner tradisional betawi

Pilihan menu lauk atau pendamping nasi uduk Betawi sedikit berbeda dengan menu sarapan daerah  lain. Biasanya menawarkan pelengkap berbagai pilihan jenis semur. Seperti semur telur, semur tahu, semur tempe, hingga semur jengkol.

Lalu ditambah sambal bumbu kacang yang menjadi ciri khasnya. Perpaduan nasi uduk santan yang gurih dengan bumbu rempah dari semur dan pedasnya sambal kacang, membuat ketagihan kala disantap.

Baca juga: 9 Sambal Khas Nusantara yang Menggugah Selera

Untuk menikmati sedapnya nasi uduk Betawi, Anda bisa mencoba rekomendasi penjual nasi uduk legendaris di Jakarta berikut ini. Ada Nasi Uduk Gondangdia di Cikini Menteng atau Nasi Uduk Ayam Goreng Zainal Fanani yang berlokasi di Kebon Kacang, Tanah Abang.

Kerak Telor

Camilan khas Betawi yang legendaris ini sudah cukup populer di Indonesia. Rasanya cukup unik karena berbahan dasar ketan, ebi, kelapa sangrai, dan telur ayam atau bebek.

Kuliner tradisional betawi

Semua bahan disangrai kering hingga menghasilkan bentuk serupa telur dadar. Sebelum disajikan, dibubuhi taburan bumbu halus yang terbuat dari campuran kelapa sangrai, cabai merah, kencur, merica, jahe, dan gula pasir.

Penjual kerak telor banyak ditemui di sekitar Jakarta. Seperti di kawasan Taman Mini, Ragunan, Monas, Setu Babakan, atau Kota Tua. Beberapa di antaranya sudah bisa dipesan lewat ojek online.

Pos terkait