Candi Selogriyo yang Eksotis dengan Panorama Indah, Cocok Buat Healing!

Candi Selogriyo Magelang
Candi Selogriyo Magelang, Jawa Tengah. (Source: Disparpora Kab. Magelang)

TURISIAN.com – Wisata candi di Magelang bukan hanya Borobudur, Sobat Turisian pun dapat pilih Candi Selogriyo untuk tujuan rekreasi. Meski tak sebesar dan seluas Candi Borobudur, bangunan candi ini juga indah dan eksotis.

Pembuatan Candi Selogriyo berlangsung sekitar abad 8 Masehi dan diperkirakan pembangunannya bersamaan dengan Candi Gedong Songo dan Candi Dieng. Menurut sumber sejarah, penemuan pertama kali candi ini oleh orang berkebangsaan Belanda, yaitu Van Erp pada tahun 1955-1957.

Nama Selogriyo pada candi tersebut, berasala dari Bahasa Jawa krama “selo” yang berarti batu dan  “griyo” berarti rumah. Secara mitologi Candi Selogriyo merupakan gambaran dari Gunung Mahameru, tempat bersemayam para dewa.

Untuk menjaga gunung itu, Dewa Wisnu menempatkan empat dewa di sisi-sisi candi. Keempat Dewa ini tergambarkan pada relief-relief candi.

Antara lain Dewa Durga Mahesasuradhini sisi utara, Dewa Ganesa terletak di relung dinding barat. Lalu Dewa Agatsya berada di relung sebelah selatan, serta Dewa Nadiswara dan Mahakala sisi sebelah timur.

Baca juga: Pesona 5 Air Terjun di Magelang yang Bikin Takjub

Selain menikmati pesona candi, di tempat wisata Magelang ini Sobat Turisian pun bisa puas memandangi panorama alam sekitarnya. Ada hamparan pemandangan bukit dan persawahan yang luar biasa indahnya.

Pandangan mata dan perasaan Sobat Turisian akan sangat terpuaskan dengan pemandangan alam di sini yang memukau. Hamparan terasering sawah nan hijau serta keindahan pemandangan bukit akan tersaji jelas di depan candi ini.

Lokasi & Harga Tiket Masuk Candi Selogriyo

Objek wisata candi ini terletak di Lereng Gunung Sumbing, di bawah Bukit Giyanti dan Bukit Condong. Masuk wilayah Dusun Campurejo, Desa Kembang Kuning, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Akses menuju candi ini pun cukup mudah Sobat Turisian jangkau. Bisa menggunakan kendaraan motor atau mobil.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Candi di Sekitar Borobudur yang Menarik Dikunjungi

Untuk masuk area Candi Selogriyo, Sobat Turisian harus bayar tiket masuk sekitar Rp 7.000. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, bayar tiket sebesar Rp. 25.000 per orang. Tiket tersebut sudah termasuk asuransi.*

 

Pos terkait