Dari Saling Menjajaki Pengalaman, itb-Lintang Jadi Makin Eksis

itb-lintang
Event itb-Lintang bertajuk Gowes Ketupat 2019-Cisumdawu yang pernah digelar. Foto: Dok. itb-Lintang

TURISIAN.com – Dari saling menjajaki pengalaman dan kemampuan bersepeda dari alumni yang sudah tergabung, itb-Lintang makin eksis.

Itb-Lintang kemudian keberadaanya selalu ditunggu. Tentu, tidak lain untuk saling berbagi cerita. Dimana, ternyata ada kesenjangan pengalaman. Sebagian hanya bermain sepeda di jalan raya, sebagian lagi bermain banyak di offroad dengan menggunakan MTB.

Dari sinilah kemudian saling membuka diri, untuk bisa saling merasakan gowes pada medan yang belum dirasakan.

Terutama bagi alumni yang belum pernah bersepeda di lingkungan pegunungan – cross country dan MTB pada jalur downhill yang ringan.

Acara pertama adalah gowes dan pertemuan di Saung Cikidang, yang berada di jalan menuju Maribaya Lembang.

BACA JUGA: Komunitas itb-Lintang, Mengumpulkan Alumni untuk Gowes Bareng (Part 1)

Acara gowes ini diikuti beberapa saja, terutama dari goweser 86 dan dari 89 – IHG. Titik kumpul dari acara ini adalah di McD depan Pasar Simpang.

Gowes kedua adalah gowes menuju ke kawasan Gunung Puntang. Ini merupakan gowes terjauh pertama kali yang dilakukan oleh Lintang.

Dengan titik kumpul di Lapangan Tegal Lega, kemudian menuju ke arah tempat wisata Gunung Puntang.

Gowes bersama berikutnya adalah rute Kawah Tangkuban Perahu dari sisi barat, melalui jalur perkebunan the Sukawana.

Pada gowes ini, Kang Aris G mengajak rombongan dari grup Roger Bagen. Event ini juga menjadi event pertama Lintang berinteraksi dengan grup gowes lain.

Bersepeda sebagai hobi untuk meningkatkan kesehatan tubuh juga berfaedah untuk ajang silaturahmi alumni dan menjalin persaudaraan dan kebersamaan.

Dalam komuitas Lintang ITB ini, kegiatan bersepeda memberikan kebebasan bagi anggotanya untuk memilih jenis sepeda yang digunakan.

dok.itb-lintang

BACA JUGA: Peserta Gowes ZTZ Bogor-Bandung, Siap Membelah Puncak

Tercatat jenis sepeda jalan raya, sepeda non jalan raya berbatu dsbnya yang biasa disebut MTB, sepeda lipat, sepeda BMX, sepeda Hybrid.

Keanggotaan Lintang

Anggota Lintang adalah semua alumni ITB, baik yang sudah rutin bersepeda ataupun yang masih sesekali saja bersepeda. Keanggotaan tidak mengharuskan alumni ikut aktif dalam grup WA Lintang. Cukup menginformasikan saja jurusan/program studi dan angkatannya, maka setiap kali Lintang mengadakan kegiatan gowes bareng, maka alumni dapat langsung mengikutinya.

Saat ini selang angkatan dari anggota Lintang ada dari tahun 1963 sd 2012 – angkatan termuda masih belum terdata pada grup utama Lintang di WA. 2014, 2062.

Goweser Lintang mewadahi semua aliran (genre) gowes, ada yang genre touring, balap, MTB, dan yang spesialis kulineran saja. Dengan adanya berbagai aliran ini, maka tukar pengalaman gowes pada berbagai aliran dapat dilakukan.

Media Komunikasi Dan Chapter Grup itb-Lintang

Whatsapp sementara ini menjadi media komunikasi utama di Lintang, untuk saat ini tidak memindahkan ke Telegram yang memiliki kapasitas keanggotaan yang lebih besar.

Sebagian besar malas untuk memiliki lebih dari satu media komunikasi, sehingga kapasitas dari grup utama Lintang menjadi terbatas.

Grup WA Lintang termasuk grup WA yang aktif, obrolan di dalam grup fokus pada materi gowes saja, non gowes – terutama terhubung dengan masalah politik apalagi SARA sangat dihindari. Materi yang dibahas sangat beragam, dari sekedar untuk rencana gowes bareng sampai dengan masalah yang sangat teknis dan teoritis, semua mengalir dengan berbagai tanggapan; santai tapitetap serius.

Grup Lintang dengan medan gowes di Bandung menggunakan nama Grup ITB Lintang, sedangkan di luar Bandung menggunakan nama dengan ada Chapternya, saat ini telah ada Grup ITB Lintang Chapter Jabodetabek, Bantener, dan Chapter Bogor.

BACA JUGA: Inilah Finisher Pertama Ajang Gowes ZTZ 2022 Bogor – Bandung, Tempuh Jarak 121 Km

Dok.itb-lintang

Event Regular Lintang

Selain event gowes bersama yang untuk khusus member Lintang (dan ada juga yang diundang atau ikut karena diajak oleh member Lintang), Lintang juga memiliki event-event yang dapat diikuti oleh umum.

Event gowes bareng dilakukan berdasarkan aliran-aliran gowes dari anggota, sehingga setiap anggota yang ingin merasakan gowes dengan aliran yang belum pernah dicoba, bisa belajar dari yang sudah berpengalaman.

Saat ini Lintang telah memiliki event rutin yang diselenggarakan pada setiap tahunnya, yang terbuka untuk umum:

  • deLagos (Last Saturday Gowes)

Event ini diselenggarakan setiap Sabtu di akhir tahun berjalan, Sabtu terakhir akhir Desember tahun berjalan. Event yang memiliki rute yang sangat variatif, dari rute jalan raya, jalan desa, jalan setapak, dan masuk-keluar hutan.

BACA JUGA: Cerita Dibalik Event Gowes Anudax 2022, Siapa Goweser Haryoko?

  • Gowes Ketupat (Gowes setelah lebaran),

Event gowes ini dilakukan setelah hari raya Idul Fitri, target gowes sekira 100 km, untuk bisa membakar lemak akibat kegiatan halal bihalal yang umumnya banyak makan dan minum berkalori.

  • Gowes Lobster

Gowes lobster adalah gowes jarak jauh dengan target pantai Cidaun, yang masih dengan mudah kita mendapatkan lobster segar dan juga ikan laut yang besar dan segar. Gowes ini melalui jalur yang bervariasi, tetapi tetap mengakomodasi anggota yang ingin melalui jalan raya secara full. Beberapa rute menggunakan jalur hutan, seperti Hutan Londok yang dikenal heboh oleh banyak goweser MTB.

  • Gowes Liwet dan Ngopi

Merupakan gowes cross country di wilayah Bandung dengan destinasi kebun kopi dan tempat pengolah kopi. Di tujuan, peserta akan menikmati kopi giling asli dan suguhan nasi liwet dengan lauk yang khas pedesaan.

Selain event-event regular yang disebutkan di atas, Lintang juga memiliki event yang diselenggarakan berdasarkan usulan dari anggota dengan tema tertentu.

BACA JUGA: Ini Harga Sepeda Bambu yang Dinaiki Presiden Jokowi dan PM Australia

dok.itb-lintang

Pembiayaan Event

Konsep gowes bareng di itb-Lintang, jika ada biaya, maka biaya tersebut diperoleh dengan melakukan iuran dari anggota yang ingin ikut gowes bareng. Iuran atau udunan dikenakan kepada setiap yang ikut, tanpa melihat anggota Lintang atau bukan.

Lintang memiliki event reguler yang dapat diikuti oleh goweser dari mana saja, yang ingin mengikuti event yang diselenggarakan oleh itb-Lintang.

Materi gowes bersama dirancang oleh beberapa member yang mengusulkan, kemudian dishare untuk bisa menjadi gowes bersama. Ada gowes touring, petualangan, cross country, dan ada yang bersifat edukasi.

Marshall dan Sweeper itb-Lintang

Pengalaman menyelenggarakan event gowes bareng di Lintang, menuntut Lintang untuk memiliki marshall dan sweeper sendiri, terutama karena seringnya menyelenggarakan gowes bareng internal, yang tidak sekedar keliling kota untuk kulineran saja, tetapi juga melakukan penjelajahan dan petualangan.

Marshall dan sweeper Lintang secara rutin melakukan latihan bersama, setidaknya dalam satu kali dalam satu bulan, untuk bisa gowes dengan jarak dan medan yang mengasah kemampuan bersepeda dan endurance.

Kemampuan membaca peta digital menjadi kewajiban yang harus dimiliki oleh setiap marshall dan sweeper, agar jika rombongan gowes bareng terpecah menjadi beberapa rombongan karena masalah teknis sepeda peserta atau kondisi fisik yang tidak memungkinkan dari peserta untuk tetap berada dalam rombongan, masih bisa diakomodasi untuk bergerak dengan kecepatan yang masih bisa ditoleransi (sebelum kemudian harus diangkut dengan mobil jika sudah sangat lambat).

Web Lintang

Website Lintang dengan alamat http://itblintang.id merupakan alamat yang digunakan untuk mengumumkan dan manajemen event yang dilakukan Lintang. Untuk sementara ini alamat web hanya digunakan untuk melakukan proses registrasi dan manajemen yang diselenggarakan oleh Lintang.

BACA JUGA: Ragam Foto Peserta Gowes Anudax 2022 Kategori 150 Km

Manajemen Event Oleh Lintang

Untuk saat ini, manajemen event dilakukan oleh relawan dari Lintang, yang didukung dengan marshall dan sweeper sendiri. Lintang membuka diri untuk bekerja sama dan membantu komunitasi lain, yang memerlukan manajemen event, dari persiapan sampai dengan pelaksanaannya; cukup dengan menghubungi salah satu member dari Lintang, untuk kemudian terhubung dengan salah satu relawan dari Lintang.

Aplikasi Dan Peta Rute Gowes

Setiap event gowes bersama, umumnya direncanakan dan digambarkan terlebih dahulu rutenya yang disediakan dengan peta digital dengan format GPX. File peta digital ini dirancang dengan berbagai aplikasi, seperti GPX Studio, BikeMap, dan Strava.

Peta rute gowes ini akan dibagikan kepada anggota yang akan ikut gowes bareng ini. Anggota dapat melakukan upload ke Strava atau GPX Viewer untuk bisa memantau pergerakan saat bersepeda, untuk memastikan kesesuaian rute dan juga jarak yang telah ditempuh. Peserta juga dapat dengan mudah mengetahui akan medan dari gowes yang sedang dan akan dihadapi.

Klub Lintang Di Strava

Lintang juga memiliki klub atau grup di Strava. Data gowes setiap anggota Lintang dapat dimonitor di grup Strava ini, sehingga setiap akhir tahun dapat dievaluasi tentang pergerakan dari setiap anggota, termasuk juga prestasi yang dicapai. Kita akan dapat mengetahui siapa saja yang paling aktif bergerak, siapa saja yang terjauh pergerakannya, dan yang paling suka tanjakan. ***

Pos terkait