Ini Harga Sepeda Bambu yang Dinaiki Presiden Jokowi dan PM Australia

Sepeda Bambu
Presiden Jokowi mengajak Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese, menaiki sepeda bambu di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin 6 Juni 2022. (Instagram/@Jokowi)

TURISIAN.com – Sepeda bambu mewarnai kegiatan kenegaraan presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese, Senin 6 Juni 2022.

Usai melakukan kegiatan penanaman pohon pada sekitar lingkungan Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Presiden mengajak PM Albanese bersepeda pagi.

Kedua pemimpin menaiki sepeda menuju Resto Raasaa yang terletak pada kawasan Kebun Raya Bogor.

Selain karena cuaca yang sangat bersahabat untuk bersepeda pagi, Presiden Jokowi mengatakan bahwa sepeda juga merupakan moda kendaraan ramah lingkungan.

“Karena cuacanya bagus dan naik sepeda ini kan ramah lingkungan, saya kira kita harus memulai menyampaikan pesan betapa pentingnya kendaraan-kendaraan yang ramah lingkungan. Kemudian yang ketiga, ini memang rute yang biasa saya pakai untuk olahraga,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya di Resto Raasaa, Kebun Raya Bogor seperti dikutip Turisian.com dari laman resmi kepresidenan.

BACA JUGA: Bali Park Dasong Tawarkan Wisata MTB, Penggemar Sepeda Gunung Wajib ke Sini!

PM Albanese Mengaku Terkesan

Sementara itu, PM Albanese mengaku bahwa pengalaman bersepeda tersebut adalah pengalaman yang luar biasa. Dan menganggapnya sebagai sebuah kehormatan besar.

“Selamat pagi, itu adalah pengalaman yang luar biasa. Dan saya menganggap sebagai kehormatan besar bahwa Presiden mengundang saya untuk naik sepeda bambu bersamanya. Berkeliling tempat yang indah  taman botani ini,” ujar PM Albanese.

Lebih lanjut, PM Albanese memandang bahwa kegiatan bersepeda tersebut juga menunjukkan persahabatan antara Australia dan Indonesia.

Menurutnya, Presiden Jokowi bahkan menawarkan agar sepeda bambunya dibawa ke Australia.

“Presiden telah menawarkan kepada saya untuk membawa sepeda itu kembali ke Australia. Dan Anda akan melihat saya mengendarai sepeda bambu satu-satunya di Canberra. Tapi itu adalah pengalaman yang luar biasa dan setiap kali saya naik sepeda, saya akan ingat persahabatan dengan Presiden Widodo,” tuturnya.

BACA JUGA: Balap Sepeda Downhill Individu terasCAF Digelar, Peserta Membludak         

Sebagai catatan, Presiden Jokowi dan PM Albanese menggunakan sepeda bambu yang rancangannya buat jalan raya.

Sepeda tersebut merupakan hasil karya Singgih S. Kartono dari Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

Usai bersepeda, kedua pemimpin kemudian menggelar pembicaraan pada area taman batu putih Resto Raasaa, Kebun Raya Bogor.

Selama sekitar 30 menit keduanya terlibat perbincangan hangat sebelum kembali ke Istana Kepresidenan Bogor dengan menggunakan mobil golf untuk melakukan pertemuan bilateral kedua negara.

BACA JUGA: Memilih Sepeda untuk Event Gowes, Simak Edisi Spesial Ini

Ini Harga Sepeda Bambu Karya S Singgih

Publik pun bertanya-tanya, berapa sih harga sepeda bambu karya Singgih ini?

Mengutip website Spedagi.com, sepeda bambu Spedagi lolos uji kendaraan Jakarta – Madiun sejauh 750 km, dengan total beban 90 kg, tanpa kerusakan apapun.

Sepeda bambu Spedagi terdiri dari berbagai tipe.

  • Dwiguna (DG-R-26), adalah sepeda bambu tipe MTB dengan harga mulai dari Rp 5.500.000
  • Gowesmulyo (joy bike) adalah sepeda yang dirancang untuk alat transportasi jarak dekat, harga mulai dari Rp 5.500.000
  • Rodacilik, adalah sepeda tipe minivelo, sepeda dewasa dengan ukuran ban 20”, harga mulai dari Rp 6.000.000
  • Dalanrata, adalah sepeda ramping dan ringan, cocok untuk jalanan yang rata, harga mulai dari Rp 6.500.000

****

 

Pos terkait