Petualangan Seru ke Air Terjun Lau Mentar, Grand Canyon-nya Deli Serdang

Air Terjun Lau Mentar
Air Terjun Lau Mentar Deli Serdang. (Source: Disbudporapar Deli Serdang)

TURISIAN.com – Kalau Sobat Turisian punya kesempatan berkunjung ke Deli Serdang, tak ada salahnya mencoba berpetualang ke destinasi Air Terjun Lau Mentar. Menyajikan air terjun dan aliran sungai berwarna cantik berlatar tebing batu. Hingga banyak yang menyebut objek ini sebagai Grand Canyon-nya Deli Serdang atau Lau Mentar Canyon.

Kawasan Air Terjun Lau Mentar menjadi tempat wisata alam yang menarik untuk Sobat Turisian kunjungi di wilayah Sumatera Utara. Lokasi objek wisata alam Deli Serdang ini pun tidak terlalu jauh dari Kota Medan.

Letak Lau Mentar terbilang cukup tersembunyi dan jauh dari pemukiman, sehingga masih sangat terjaga ke aslian alamnya. Sangat cocok bagi Sobat Turisian yang ingin mencari tempat relaksasi dengan suasana alam yang indah dan menenangkan jiwa.

Aktivitas wisata yang bisa Sobat Turisian nikmati hampir sama dengan objek air terjun di tempat lain, yakni bermain air. Namun ada hal unik yang menjadi pembeda air di Lau Mentar ini, yaitu warna airnya bisa berwarna hijau atau biru.

Baca juga: Nikmati Pesona Air Terjun Pelangi di Deli Serdang dengan Suasana Asri dan Sejuk

Jika cuaca sedang cerah, Sobat Turisian bisa menyaksikan airnya berwarna biru dan jernih. Kemudian saat cuaca musim hujan, airnya malah jadi keruh. Untuk itu, pilihan waktu  terbaik mengunjungi Air Terjun Lau Mentar Deli Serdang ketika musim kemarau.

Perjalanan ke Air Terjuan Lau Mentar 

Meski terbilang cukup dekat dari Kota Medan, perjalanan yang harus Sobat Turisian tempuh untuk menuju air terjun ini cukup memerlukan ketahanan tubuh yang baik. Butuh waktu sekitar 3 jam untuk sampai ke lokasi menggunakan kendaraan bermotor.

Tantangannya, kondisi jalanan yang belum begitu baik dan masih banyak bebatuan. Terlebih saat turun hujan, tanah di  jalan akan basah seperti lumpur, sehingga dapat menambah waktu perjalanan bisa sampai 4 atau 5 jam.

Pada jarak 7 km terakhir, Sobat Turisian akan menemui tantangan cukup tinggi, yaitu adanya bebatuan dan bukit yang sepi. Rute yang harus kalian lewati adalah Medan – Deli Tua – Talun Kenas – Desa Siguci – Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu – Tiga Juhar – Desa Rumah Liang.

Setibanya di lokasi parkir wisata Air Terjun Lau Mentar, Sobat Turisian masih harus berjalan kaki untuk sampai ke air terjun. Namun waktu tempuhnya bisa bervariasi, ada pilihan jalur cepat sekitar 20 menit, ada yang selama 1 jam 30 menit, dan ada juga yang lebih lama lagi.

Baca juga: Rekreasi ke Taman Wisata Merci Barn Deli Serdang Serasa di Negeri Belanda

Waktu tempuh tersebut, tergantung pilihan yang biasanya ditawarkan oleh pemandu jalan. Untuk jalur yang paling cepat, hanya perlu menuruni jalan dan langsung terlihat aliran sungai.*

 

Pos terkait