Yuk Rekreasi Sambil Edukasi ke Museum Taman Prasasti Jakarta!

Museum Taman Prasasti
Museum Taman Prasasti Jakarta. (Source: jakarta-tourism.go.id)

TURISIAN.com – Kalau liburan ke Jakarta, Sobat Turisian jangan hanya menikmati wisata kota atau wisata belanja saja, sesekali coba rekreasi sambil edukasi. Salah satu tempatnya bisa mampir ke Museum Taman Prasasti.

Tempat ini merupakan sebuah museum cagar budaya peninggalan masa Kolonial Belanda. Dengan luas kawasan mencapai 1,2 hektare. Museum di Jakarta ini memiliki koleksi prasasti nisan kuno, kerajinan seni pahat, kaligrafer, koleksi kereta jenazah antik, dan juga miniatur makam khas dari seluruh provinsi di Indonesia.

Di dalamnya Sobat Turisian bisa melihat langsung kurang lebih 862 koleksi prasasti nisan kuno serta makam dari masa Kolonial Belanda. Ada pula koleksi karya seni dan memamerkan kecanggihan para pematung, pemahat, kaligrafer, dan sastrawan.

Begitu memasuki kawasan wisata edukasi Museum Taman Prasasti ini, Sobat Turisian akan menemukan area taman. Dengan ikon sebuah gerbang bertiang besar bergaya arsitektur Doria khas Yunani.

Baca juga: Keren! Jakarta International Equestrian Park, Tempat Berkuda Terbesar di Asia Tenggara!

Selain koleksi sejarah dan karya seni tersebut, di museum ini Sobat Turisian bisa berwisata selfie. Ada aneka spot foto kece di sini. Seperti ragam patung dan juga bangunan dengan arsitektur gaya Eropa yang berdiri kokoh menjadi salah satu sasaran yang pas sebagai latar belakang berfoto ria.

Fasilitas & Harga Tiket Masuk Museum Taman Prasasti

Untuk kenyamanan pengunjung, pengelola objek wisata ini sudah menyediakan berbagai fasilitas pendukung. Di antaranya toilet, musala, auditorium, area parkir, dan lainnnya.

Namun untuk area parkir yang tersedia di halaman depan Museum Taman Prasasti terbatas, hanya untuk motor dan mobil kecil. Alternatifnya, tersedia tempat parkir di gedung sebelah utara, yaitu di Kantor KONI Jakarta Pusat.

Sementara untuk harga tiket masuk museum ini bervariasi berdasarkan golongan usia. Antara lain untuk pengunjung Dewasa seharga Rp5.000 per orang. Kemudian khusus untuk Mahasiswa, harga tiketnya sebesar Rp3.000 per orang. Dan pengunjung usia anak-anak atau Pelajar sebesar Rp2.000 per orang.

Lokasi & Jam Buka Museum Taman Prasasti

Tempat wisata edukasi Jakarta ini berlokasi di Jalan Tanah Abang I No. 1 Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat. Akses menuju tempat ini, Sobat Turisian bisa menggunakan kendaraan pribadi atau moda transportasi umum.

Kalau Sobat Turisian ingin naik Busway, bisa berangkat dari Halte Harmoni dan Monas. Lalu jika menggunakan kereta api bisa berangkat dari Stasiun Tanah Abang, kemudian naik Mikrolet 08.

Baca juga: Jalan-Jalan ke Kampung Budaya Betawi yang Masih Eksis di Jakarta

Berkunjung ke Museum Taman Prasasti Jakarta ini bisa datang sesuai jadwal operasionalnya. Museum  ini buka dari hari Selasa hingga Minggu, kecuali Hari Besar Nasional. Jam bukanya mulai dari pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB.*

Pos terkait