Wayang Jogja Night Carnival 2022 jadi Puncak Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

Wayang Jogja Night Carnival 2022

TURISIAN.com – Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) 2022 menjadi acara Puncak Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-266 Kota Yogyakarta. Event ini akan berlangsung pada Sabtu, 7 Oktober 2022. Mulai pukul 18.30 WIB sampai dengan selesai.

Setelah dua tahun penyelenggaraannya secara daring, WJNC 2022 kembali berlangsung di kawasan Tugu Yogyakarta. Tahun ini mengangkat tema Lokananta Arjuna Anugraha.

Mengutip dari laman jogjakota.go.id, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Kota Yogyakarta Andrini Wiramawati menyampaikan, selama dua tahun WJNC berlangsung secara hybrid. Namun di tahun ini, Kota Yogyakarta sudah level satu sehingga banyak kegiatan terselenggara secara langsung.

“Untuk itu WJNC akan kami kembalikan di Tugu Yogyakarta. Kegiatan WJNC menjadi puncak HUT Kota Yogyakarta,” ujar Andrini, dalam jumpa pers WJNC #7 di Balai Kota Yogyakarta, Senin (3/10/2022).

Andrini juga menyatakan Wayang Jogja Night Carnival #7 ini mengusung tema Lokananta Arjuna Anugraha. Karena sebagai bentuk dukungan terhadap gamelan yang sudah UNESCO tetapkan sebagai warisan budaya tak benda.

Baca juga: Masjid Gedhe Kauman Jogja, Berusia Lebih dari 200 Tahun dan Sarat Nilai Sejarah

Lokananta merupakan nama seperangkat gamelan sakral di kahyangan yang para dewa mainkan pada upacara tertentu. Dalam cerita pewayangan, gamelan Lokananta mengiringi pernikahan Arjuna dengan Sembadra, serta Baladewa dengan Erawati.

Karnaval Tokoh Pewayangan WJNC 2022

Kegiatan Wayang Jogja Night Carnival juga akan menampilkan karnaval jalanan tokoh-tokoh pewayangan dari perwakilan 14 kemantren di Kota Yogyakarta. Total ada sekitar 500 peserta dalam WJNC puncak HUT ke-266 Kota Jogja nanti.

Setiap kemantren mengusung tokoh wayang berbeda, antara lain Arjuna dan Sembadra dari Kemantren Gondomanan, Baladewa dan Erawati dari Kemantren Wirobrajan. Lalau ada Bathara Guru dari Kemantren Danurejan, Bathara Durga dari Kemantren Umbulharjo, serta Kamajaya Kamaratih dari Kemantren Kotagede.

Lokasi WJNC 2022

Lokasi Wayang Jogja Night Carnival akan mulai dari Jalan Jenderal Sudirman, Tugu Yogyakarta, dan berbelok ke Jalan Margo Utomo sampai ke Gowongan Kidul. Selama kegiatan WJNC ini akan ada penutupan sebagian ruas jalan di kawasan Tugu Yogyakarta.

Penutupan jalan dari pukul 17.00 WIB di Simpang Pingit, Simpang Jetis utara Tugu Yogyakarta, simpang tiga McD Jalan Sudirman dan simpang empat Gramedia ke barat. Kemudian Jalan Diponegoro berfungsi untuk parkir tamu VIP.

Baca juga: Mencicipi Kelezatan Banjar dan Ukel, Kue Asal Kotagede Yogyakarta

Sementara masyarakat bisa memanfaatkan parkir di sirip-sirip jalan sekitar kawasan Tugu Yogyakarta. Misalnya di Jalan Gowongan Lor, Jalan Poncowinatan, Jalan Kranggan, dan Jalan Pakuningratan.*

Pos terkait