Keren! Jakarta International Equestrian Park, Tempat Berkuda Terbesar di Asia Tenggara!

Jakarta International Equestrian Park
Jakarta International Equestrian Park. (Source: jakarta-tourism.go.id)

TURISIAN.com – Jakarta International Equestrian Park (JIEP) atau Taman Berkuda Internasional Jakarta merupakan tempat olahraga berkuda yang diklaim terbesar di Asia Tenggara. Lokasinya berada di sekitar area Pulomas Residence. Sobat Turisian yang hobi berkuda wajib berkunjung ke sini!

Penyebutan sebagai terbesar di Asia Tenggara tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, JIEP memiliki lahan seluas 35 hektare dan memiliki Field of Play yang berstandar internasional. JIEP juga memiliki sertifikasi internasional dari World Organization for Animal Health (OIE) di Paris dan dari Uni Eropa.

Sebenarnya Jakarta International Equestrian Park ini sudah ada sejak pembangunannya pada tahun 1970-an. Kemudian ada renovasi pada Agustus 2016 yang bertujuan untuk mendukung pagelaran Asian Games 2018.

Peresmian wajah baru  Taman Berkuda Internasional Jakarta berlangsung pada 2 Agustus 2018. Hingga akhirnya JIEP menjadi venue Cabang Olahraga Berkuda untuk Asian Games 2018.

Baca juga: 6 Destinasi Touring Sepeda Motor di Indonesia yang Seru dan Memacu Adrenalin

Saat itu, terdapat tiga disiplin berkuda yang dipertandingkan, yaitu dressage, eventing, dan jumping. Ketiga cabang olahraga tersebut terbagi lagi menjadi pertandingan individu dan pertandingan tim dengan total enam pertandingan.

Bukan hanya Asian Games 2018, Taman Berkuda Internasional Jakarta (JIEP) juga menjadi tuan rumah bagi beberapa kompetisi berkuda internasional. Di antaranya The International Horse Show 2019 dan Equinara Pulomas Open 2020.

Taman Berkuda Internasional Jakarta ini mempunyai 5 arena. Pertama adalah Field of Play yang berperan sebagai arena utama. Kemudian ada Training Arena, Warm Up Arena, Collecting Arena, dan Covered Training Arena.

Baca juga: Yuk Coba Nikmati 5 Aktivitas Wisata Olahraga di Mandalika Lombok Berikut Ini!

Selain itu, terdapat paviliun utama yang terdiri atas empat lantai dengan kapasitas 1.500 tempat duduk. Lalu kandang kuda dengan dua lantai berkapasitas 156 kapasitas, penginapan atlet, rumah sakit hewan, dan tempat latihan. Jakarta International Equestrian Park juga merupakan kawasan yang ramah bagi penyandang disabilitas.*

 

Pos terkait