6 Destinasi Touring Sepeda Motor di Indonesia yang Seru dan Memacu Adrenalin

Touring sepeda motor Indonesia
Seorang pengendara motor sedang menjajal hamparan pasir Gunung Bromo. (iStock)

TURISIAN.com – Sport tourism di Indonesia kini terus berkembang karena memiliki pasar yang besar. Tidak hanya bersepeda, touring sepeda motor di Indonesia juga banyak peminatnya. Sobat Turisian juga pasti ada yang menyukai kegiatan ini ya?

Istimewanya lagi, Indonesia memiliki berbagai destinasi wisata adventure yang cocok Sobat Turisian kunjungi sambil touring sepeda motor. Selain menyajikan pemandangan yang indah, beberapa destinasi wisata di bawah ini juga cukup menantang dan memacu adrenalin saat kalian menjajalnya.

1. Gunung Bromo Jawa Timur

Gunung Bromo di Jawa Timur menjadi salah satu objek wisata adventure yang cukup populer di kalangan pecinta touring sepeda motor. Tantangan menyusuri Bromo sambil naik motor menjadi kegiatan seru dan berkesan.

Lebih menarik lagi, Sobat Turisian akan melintasi hamparan lautan pasir Gunung Bromo yang sangat lembut dan agak sulit dilalui motor. Makanya disarankan, Sobat Turisian menjajal jalur ini saat musim hujan karena kondisi pasir lebih padat sehingga mudah melewatinya.

2. Dieng Jawa Tengah

Bergeser ke wilayah Jawa Tengah, Sobat Turisian pecinta kegiatan touring sepeda motor di Indonesia bisa mencoba sensasi perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng. Dengan pesona alam yang indah akan membuat touring kalian lebih menyenangkan.

Daya tarik touring sepeda motor di Dieng yang menjadi incaran wisatawan, yaitu melewati Tol Kahyangan. Meski jalannya sudah mulus dan mudah dilalui, namun ada beberapa tanjakan terjal yang cukup menantang dan memacu adrenalin bagi pengendara motor.

Namun setelah bersusah payah menaklukkan jalur tanjakan, Sobat Turisian penyuka adventure akan disuguhi panorama perbukitan dan ladang hijau yang menyegarkan mata.

3. Gunung Merapi Yogyakarta

Yogyakarta juga tak mau ketinggalan jika bicara destinasi sport tourism. Di sana ada Gunung Merapi yang turut masuk dalam destinasi wisata adventure populer di kalangan pecinta motor trail. Jalur yang ada di sana tidak rata, sehingga menjadi salah satu daya tarik objek wisata Yogyakarta ini.

Baca juga: 4 Event Sport Tourism Indonesia Paling Ditunggu di Tahun 2022

Sobat Turisian saat mengendarai motor bisa melihat langsung rumah Almarhum Mbah Marijan di Dusun Kinahrejo. Lalu bisa menelusuri Kali Opak yang menjadi jalur lahar sepanjang 5-10 kilometer. Jangan lupa sempatkan berfoto dengan latar Gunung Merapi yang megah.

4. Black Lava Kintamani Bali

Lanjut ke Bali yang juga memiliki banyak destinasi touring sepeda motor yang tidak kalah menantang dan memacu adrenalin. Salah satunya Black Lava Kintamani. Sesuai namanya, destinasi wisata ini berupa lautan pasir hitam yang berasal dari letusan lahar gunung berapi.

Sepanjang petualangan touring sepeda motor di sini, Sobat Turisian akan menghirup udara sejuk, berpadu dengan lautan pasir penuh kerikil dan batuan besar. Membuat kegiatan motoran di Black Lava terasa sangat menantang namun tetap menyenangkan. Umumnya, track dan kontur yang menantang di Black Lava Kintamani  untuk olahraga ekstrem seperti motor trail.

5. Pantai Amed Bali

Masih di wilayah Pulau Dewata, ada lagi destinasi touring sepeda motor yang menarik Sobat Turisian kunjungi. Tempatnya, Pantai Amed yang terletak di ujung timur Bali.

Magnet wisata Pantai Amed hingga menjadi tujuan touring sepeda motor yang banyak peminatnya karena jalurnya yang menantang. Jalanan menuju Pantai Amed cukup berkelok dan memerlukan konsentrasi tinggi. Meski begitu, petualangan ke sini tidak akan terasa membosankan.

Lokasi Pantai Amed terletak sejauh kurang lebih 88 km dari pusat Kota Denpasar. Jalur menuju Pantai Amed juga ada gunung dan laut biru jernih yang mengapit tempat ini.

6. Pantai Sawarna Banten

Pantai Sawarna di Banten juga memiliki jalur touring yang naik turun dan berkelok-kelok. Walaupun begitu, track ini malah menjadi favorit kebanyakan pecinta touring motor.

Lokasi Pantai Sawarna ini berjarak sekitar 200 km dari Kota Jakarta. Kelebihan touring ke tempat ini, Sobat Turisian bisa menikmati pemandangan pantai yang indah. Dengan latar panorama khas pegunungan dan udara segar, bikin betah berlama-lama motoran di pantai tersebut.

Baca juga: 5 Atraksi Wisata Ikonik Indonesia yang Bikin Takjub Saat Melihatnya

Itulah beberapa destinasi wisata adventure di Indonesia. Dengan jalur yang menantang dan dapat memacu adrenalin, namun jadi pengalaman yang seru dan berkesan. Jadi tunggu apa lagi, langsung gas aja pergi liburan sambil touring sepeda motor.

 

 

Sumber: Kemenparekraf

 

Pos terkait