Pantai Nampu Wonogiri, Panorama Alamnya Indah Bikin Betah

Pantai Nampu Wonogiri
Pantai Nampu Wonogiri. (Source: Dispora Wonogiri)

TURISIAN.com – Jika Sobat Turisian berencana liburan namun masih bingung harus ke mana, cobalah berkunjung ke Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Di sana ada objek wisata Pantai Nampu yang menyuguhkan panorama alami yang indah, bakalan bikin Sobat Turisian betah.

Lanskap Pantai Nampu memanjang nan elok dengan hamparan pasir putih yang memanjakan mata. Iringan suaran deburan ombak dan hempasan angin yang agak kencang akan Sobat Turisian rasakan di destinasi wisata pantai Wonnogiri ini.

Lokasi Pantai Nampu berjarak 60 km dari pusat kota Kabupaten Wonogiri. Sobat Turisian akan menempuh perjalanan dengan berkendara lebih kurang 1,5 jam. Letaknya berada di Dusun Dringo, Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito.

Di pantai ini, Sobat Turisian bisa memandang luas hamparan laut biru yang terasa begitu memanjakan mata. Dan mengingatkan kebesaran Tuhan yang telah menciptakan alam beserta isinya. Keasrian dan kealamian Pantai Nampu menjadi daya tarik tersendiri dibanding dengan pantai-pantai lainnya.

Ratusan tanaman pandan dan beberapa bukit karang menghiasi kawasan pantai yang menambah keindahannya. Jika air laut sedang surut, tempat ini menjadi pantai pasir putih yang berkarang.

Baca juga: 3 Tempat Terbaik Menikmati Pesona Waduk Gajah Mungkur dari Ketinggian

Objek wisata Pantai Nampu memang belum banyak dikenal masyarakat dari luar daerah. Sehingga bisa dikatakan pantai ini masih alami dan perawan dibanding objek pantai laut selatan lainnya. Seperti Parangtritis, Wedi Ombo, Krakal, Kukup, Baron, Teleng Ria dan lain-lain.

Perjalanan ke Pantai Nampu Wonogiri

Sobat Turisian yang ingin menikmati keindahan Pantai Nampu sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena belum ada transportasi umum dari kota menuju pantai. Sepanjang perjalanan menuju pantai, Sobat Turisian bisa menikmati panorama kawasan karst yang begitu menawan.

Hamparan bukit-bukit karst dengan selingan tanaman penduduk seolah mengantar Sobat Turisian ke masa purba. Jalan agak sempit naik turun dengan beberapa tikungan tajam akan cukup memacu adrenalin menjadi tantangan sebelum sampai di tujuan.

Kala tiba di tujuan, panorama pantai yang indah akan tersaji di depan mata yang memukau. Pandan yang pada umumnya tumbuh lebih dari dua meter membuat pemandangan menjadi lebih asri dan sejuk. Sobat Turisian pun dapat beristirahat di bawah pandan yang rimbun sembari menatap jauh ke laut lepas.

Rasa penat dan lelah selama perjalanan pun akan terobati langsung. Untuk menuju bibir pantai, Sobat Turisian harus menuruni berpuluh-puluh anak tangga, karena Pantai Nampu berada di bawah tempat parkir.

Baca juga: 5 Pantai di Selatan Jawa yang Memesona, Nomor 4 Ada Air Terjunnya!

Meski harus menuruni anak tangga yang cukup melelahkan, akan tetapi hal tersebut belum sebanding dengan keindahan yang Sobat Turisian dapatkan sesampai di bibir pantai. Di sini, kalian dapat bermain pasir putih, bermain air, berlari menantang ombak, mencari hewan-hewan kecil laut, dan aktivitas seru lainnya.*

 

 

Pos terkait