5 Pantai di Selatan Jawa yang Memesona, Nomor 4 Ada Air Terjunnya!

pantai selatan jawa
Pantai Ujung Genteng di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

TURISIAN.com – Wisata Indonesia diberkahi banyak objek alam yang memesona dan eksotis, seperti pantai-pantai indah di sepanjang jalur selatan Pulau Jawa. Destinasi wisata pantai di selatan Jawa ini tersebar dari mulai wilayah Banten di ujung barat hingga Jawa Timur.

Berikut ada 5 rekomendasi wisata pantai di selatan Jawa yang pesonanya memikat mata dan wajib Sobat Turisian kunjungi saat liburan nanti! Kita mulai dari sisi barat hingga ke timur di selatan Jawa!

1. Pantai Ujung Genteng, Sukabumi

Destinasi wisata pantai di selatan Jawa yang pertama ada Pantai Ujung Genteng. Lokasinya ada di Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pantai ini sudah lama terkenal dengan pasir putihnya yang membentang indah dan akan memanjakan mata Sobat Turisian.

Tambah lagi dengan keindahan birunya laut Pantai Ujung Genteng. Semua itu bisa Sobat Turisian nikmati dengan bersantai di tepian sambil bermain air dan pasir putih. Agar dapat suasana eksotis dan romantis, Sobat Turisian bisa menikmatinya di kala senja.

Sobat Turisian juga bisa menyewa perahu kayu dan merasakan semilir angin yang lebih menenangkan di atas permukaan laut. Atau memilih mengunjungi penangkaran penyu yang ada di sini dan menyaksikan kegiatan perkembangbiakannya.

Baca juga: Pesona Pantai Wediombo yang Indah dan Unik dengan Hiasan Bebatuan Purba

Mulai dari proses bertelur hingga beranjak dewasa. Wah selain menyenangkan juga menambah wawasan Sobat Turisian.

2. Pantai Watu Bale, Kebumen

pantai selatan Jawa

Bergeser ke Jawa Tengah, terdapat wisata Pantai Watu Bale di Kebumen. Saking indahnya, pantai yang satu ini sering dianggap sebuah hidden gem bagi penduduk lokal di sana. Karena kurang banyak disorot sebagai atraksi wisata di daerah mereka.

Meski demikian, Pantai Watu Bale memiliki pesonanya sendiri. Selain pemandangan hamparan batu karang yang megah di sekitaran pantai, Sobat Turisian juga bisa melihat kerangka kapal di atas karang.

Warga setempat biasa menyebut kapal tersebut sebagai ‘Kapal Titanic’. Tentu ini bukan kapal Titanic yang sesungguhnya, tapi jika Sobat Turisian duduk di atas kapal ini sambil menikmati pemandangan sekitar pantai memberikan kenikmatan tersendiri lho!

3. Pantai Parangkusumo, Bantul

pantai selatan Jawa

Berikutnya ada Pantai Parangkusumo di Bantul Yogyakarta. Banyak yang menjuluki pantai ini sebagai ‘Pantai Cinta’. Sebab suasana romantis akan terasa begitu Sobat Turisian menginjakkan kaki di pantai ini. Lokasinya berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Yogyakarta.

Pantai Parangkusumo merupakan atraksi wisata yang sangat cocok untuk Sobat Turisian kunjungi bersama pasangan atau keluarga. Ikon pantai ini yang bisa Sobat Turisian lihat langsung, yaitu berupa Batu Cinta yang ditaburi dengan kembang tujuh rupa di kawasan Puri Cepuri.

Baca juga: Mengunjungi 5 Desa Menarik di Pulau Jawa, Benar benar Back to Nature Lho

Konon, Batu Cinta tersebut merupakan tempat pertemuan Panembahan Senopati dengan Kanjeng Ratu Kidul. Kemudian terjadi kontrak perkawinan politik antara keduanya. Selain itu, Sobat Turisian juga bisa berkeliling pantai dengan naik kereta kuda dari sisi timur ke barat pantai ini. Serta mengunjungi Gumuk Pasir berupa hamparan pasir pantai seperti gurun pasir di Timur Tengah.

4. Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Banyu Tibo Pacitan

Lanjut lagi ke wilayah Jawa Timur, tepatnya di  Pacitan, ada Pantai Banyu Tibo. Objek wisata bahari ini memiliki keunikan yang beda dari pantai yang lainnya, yaitu adanya air terjun. Wah keren sekali kan Sobat Turisian, di pantai ada air terjunnya!

Nama ‘Banyu Tibo’ sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya ‘air jatuh’. Ini karena sumber air terjun yang menjadi ciri khas pantai ini berasal dari mata air bawah tanah pegunungan karst di utara.

Pantai yang berlokasi di Donorejo, Pacitan ini menjadi pilihan tepat buat Sobat Turisian yang ingin berlibur bersama keluarga.  Sehingga menjadi pengalaman liburan yang berkesan.

5. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Pulau Merah Banyuwangi

Terakhir ada Pantai Pulau Merah yang terletak di ujung timur Pulau Jawa, tepatnya di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai Pulau Merah merupakan destinasi yang cukup populer di Banyuwangi dan wajib Sobat Turisian datangi saat liburan di Jawa Timur.

Daya tarik pantai ini, salah satunya terdapat sebuah bukit kecil di bibir pantai yang menjorok ke laut. Di mana permukaannya diselimuti dengan pasir putih yang warnanya dapat berubah menjadi merah bila sore hari tiba. Benar-benar unik sekali, ciptaan Tuhan yang satu ini, Sobat Turisian!

Baca juga: 7 Gunung di Pulau Jawa yang Aman untuk Pendaki Pemula

Perubahan warna pasir tersebut dipengaruhi dari air dan paparan sinar matahari tenggelam di kala senja. Membuat pemandangan sunset di pantai ini terkenal sebagai salah satu yang terbaik di seluruh pantai di Pulau Jawa.

Itulah lima destinasi pantai di selatan Jawa yang memesona dan mempunyai keunikan tersendiri. Sehingga menambah keanekaragaman wisata Indonesia yang tak kalah dengan wisata di luar negeri.*

 

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel

Pos terkait