Mengunjungi 5 Desa Menarik di Pulau Jawa, Benar benar Back to Nature Lho

Desa Menarik di Pulau Jawa
Ilustrasi. Salah satu suasana alam pedesaan di lereng pegunungan pulau Jawa. (iStock)

TURISIAN.com – Banyak desa menarik di Pulau Jawa. Pada saat tradisi mudik atau pulang, desa-desa pun menjadi penuh.

Maklum, pulang kampung memang selalu menjadi momen yang paling dinantikan bagi masyarakat Indonesia dalam merayakan lebaran. Selain melepas kangen dengan pergi ke desa asal masing-masing. Tradisi pulang kampung ke desa sekaligus menjadi ajang para warga ibu kota untuk merasakan sensasi back to nature.

Lanskap hijau yang luas, semilir angin sejuk yang menerpa wajah, adalah sejumlah nuansa menyenangkan dari sejumlah desa menarik yang ada di Indonesia.

Dikutip TURISIAN.com- dari Indonesia.travel pada Rabu, 6 April 2022, berikut adalah destinasi 5 desa paling menarik di Pulau Jawa yang bisa membawamu merasakan sensasi back to nature yang sempurna!

1.Desa Tugu Selatan, Bogor

Mari kita mulai perjalanan desa wisata terbaik ini dari wilayah penyangga Ibu Kota Jakarta, yaitu Desa Tugu Selatan yang terletak di Bogor.

Desa ini kerap menarik para wisatawan karena atraksi budayanya yang beragam, seperti salah satunya adalah batik dan kerajinan tradisional lainnya.

Namun, apakah sobat turisian tahu hal apa yang paling menarik perhatian banyak wisatawan? Yaitu kegiatan paralayangnya!

Banyak sekali atlet profesional yang menyambangi tempat ini untuk bisa mengarungi langit indah di atas Desa Tugu Selatan.

Terpaan semilir angin sejuk khas Bogor berpadu sempurna dengan pemandangan serba hijau, sungguh kombinasi yang sempurna.

BACA JUGA: Desa Wisata Pulesari Suguhkan Pesona Alam dengan Berbagai Aktivitas Seru

2. Desa Cibuntu, Kuningan

Tempat melepas penat yang satu ini menawarkan sederet fasilitas akomodasi homestay yang sangat bagus.

Hal tersebut pun menjadi salah satu alasan mengapa Desa Cibuntu di Kuningan ini pernah dinobatkan sebagai desa wisata terbaik kelima di ASEAN pada 2016 untuk sektor homestaynya.

Ada banyak sekali wisata alam yang menjadi primadona, diantaranya adalah Gunung Ciremai yang berjarak sekitar satu jam perjalanan dari Desa Cibuntu, serta Air Terjun Gongseng.

Desa Yang Berada di Perbukitan Manoreh

3. Desa Candirejo, Magelang

Dari Jawa Barat, kita bergeser ke tanah tetangga di Jawa Tengah melalui perjalanan damai menuju Desa Candirejo di Magelang.

Suguhan elok berupa pemandangan persawahan serta sungai yang masih alami adalah bukti keindahan dari tempat ini.

Salah satu spot yang menjadi ikon Desa Candirejo adalah Perbukitan Menoreh, tempat dimana sobat turisian bisa melihat pemandangan terbit dan terbenamnya sang mentari dengan torehan warna keemasan nya yang memukau.

Cobalah pengalaman berbeda dengan mencoba tinggal bersama penduduk setempat yang menawarkan rumahnya sebagai akomodasi homestay yang sangat ramah bagi para pengunjung.

BACA JUGA: Menikmati Keseruan 6 Aktivitas Wisata di Desa Wisata Cibuntu

4. Desa Pujon Kidul, Malang

Hal apa yang lebih baik dari menjalani hidup yang sederhana dan bahagia? Membayangkannya saja sungguh menyenangkan, dan hal tersebut bisa sobat turisian rasakan di Desa Pujon Kidul, Malang.

Desa wisata ini diciptakan dengan begitu matang sebagai sarana edukasi bagi para wisatawan lokal dan mancanegara untuk merasakan suasana pedesaan yang menenangkan.

Isi kembali energi dengan merasakan sensasi memetik sayuran, belajar tentang pengolahan susu serta melihat-lihat sawah di sekitar.

Lokasinya yang dikelilingi perbukitan menjadikan tempat ini memiliki suasana sejuk yang menyegarkan.

Pokoknya, wajib hukumnya untuk mengambil foto sebanyak mungkin selama di sisni, siapa tahu itu bisa menjadi obat pelipur lara saat sobat turisian harus kembali ke kota nantinya.

Melewati Jalur Ekstrem Gunung Merapi

5. Desa Pentingsari, Sleman

Siapa yang bilang kehidupan desa akan selalu menenangkan? Bagi sobat turisian yang suka dengan kegiatan luar ruangan yang memacu adrenalin, Desa Pentingsari di Sleman adalah jawabannya.

Persiapkan dirimu, karena di tempat ini akan memberikan petualangan mendebarkan yang tidak terlupakan.

Areanya yang dipenuhi dengan jalur ekstrim dan dekat dengan Gunung Merapi bisa memicu sisi petualangan dari para wisatawan yang datang.

Cobalah kegiatan bermanuver dengan jeep, melaju di atas medan yang bergelombang dan penuh dengan tantangan.

Kemudian, supaya tidak terlalu kelelahan, cobalah membenamkan diri sejenak dengan warisan lokal yang ada di desa ini.

Seperti belajar tentang cara membuat batik atau belajar sejumlah tarian tradisional khas Jawa.

Ragam destinasi desa terbaik tersebut akan membawakan kisah-kisah baru yang berharga sebagai koleksi dalam perjalananmu dalam berwisata.***

Pos terkait