Danau Linow Tomohon yang Menakjubkan, Miliki Tiga Warna Berbeda

Danau Linow Tomohon
Danau Linow Tomohon yang memesona. (dok. Sam Ratulangi Airport)

TURISIAN.com – Danau Linow menjadi tempat wisata unggulan di Tomohon, Sulawesi Utara. Danau ini sungguh menakjubkan karena menyajikan pesona tiga warna air yang berbeda. Sehingga banyak dikunjungi wisatawan.

Tiga warna dari Danau Linow berasal dari adanya beberapa lubang hidrotermal memuntahkan gas panas dari tepi dan kedalaman danau. Komposisi kimiawi dari gas inilah yang membuat danau sering mengubah warna air danau, mulai dari merah, hijau tua, dan biru gelap.

Danau yang ‘menyimpan’ warna-warna indah ini terbentuk karena letusan gunung berapi sekitar 500.000 tahun yang lalu. Sisa-sisa gunung berapi masih tampak berupa adanya sumber belerang di sekitar danau. Bau belerangnya pun cukup menyengat, Sobat Turisian!

Nama Linow sendiri konon berasal dari bahasa Minahasa yaitu ‘lilinowan”. Artinya tempat berkumpulnya air.  Danau ini berlokasi Kabupaten Tomohon di daerah Lahendong. Berbatasan dengan Gunung Lokon dan Gunung Mahawu.

Aktivitas dan Fasilitas di Danau Linow

Selain terpukau dengan keindahan warna air danau, Sobat Turisian juga bisa menikmati suasana tenang di sekitar danau. Lebih nikmat lagi sambil ditemani secangkir kopi. Jangan terlewatkan untuk berburu foto instagenik  di sudut-sudut fotogenik  di sana.

Sobat Turisian yang tertarik masuk ke tempat wisata Tomohon ini, harus membeli tiket masuk per orang sebesar Rp 25.000,-. Nantinya karcis tiket masuk bisa ditukar dengan minuman kopi atau teh di café yang tersedia.

Baca juga: Berjumpa Kera Hitam dan Tarsius di Cagar Alam Tangkoko Bitung

Nah untuk tambahan camilan, Sobat Turisian bisa membeli pisang goreng yang sedap. Ada juga menu bakmi, minuman soft drink, dan menu makananan lainnya.

Fasilitas penunjang wisata Danau Linow ini pun tak kalah menariknya. Ada resort, hotel, foodcourt, dan tempat memanjakan diri seperti spa massage.

Di destinasi wisata Sulawesi Utara ini, Sobat Turisian bisa berkeliling di tepian danau. Tetapi jangan untuk berenang. Kandungan belerangnya yang tinggi dapat membuat tubuh terluka dan berakibat fatal.

Untuk lebih puas menikmati keindahan Danau Linow, datanglah di kala pagi hari. Saat udara masih bersih, suasananya sunyi dan menenangkan, sehingga akan membuat Sobat Turisian betah dan nyaman di sana. Kawasan ini pun berhawa sejuk.

Rute dan Transportasi Menuju Danau Linow

Objek wisata danau ini, berjarak 43,7 km dari Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado. Menuju ke sana, perjalanan akan melewati Jalan Raya Manado-Tomohon. Dengan waktu tempuh sekira 1 jam 27 menit.

Baca juga: 6 Tempat Wisata Bulukumba, Wajib Masuk Daftar Liburan Nanti!

Sedangkan untuk moda transportasi menuju tempat wisata Tomohon ini, Sobat Turisian bisa menyewa mobil rental di sekitar bandara. Dengan harga kurang lebih Rp.200.000. Jika memilih angkutan umum, bisa naik Bus Umum dari Bandara – Terminal Pal 2 – Danau Linow.*

Pos terkait