4 Pusat Kerajinan Tangan di Jateng dan Jogja dengan Harga Miring

Kerajinan Tangan Jateng
Pasar Beringharjo, Yogyakarta. (source: indonesia.travel)

TURISIAN.com – Beragam kerajinan tangan atau suvenir di Jawa Tengah (Jateng) dan Jogja terkenal berkualitas. Banyak kerajinan tangan Jateng yang sudah populer. Seperti batik, anyaman, ukiran, kerajinan perak, wayang, dan lainnya.

Nah untuk bisa membeli ragam kerajinan tangan tersebut, Jateng punya banyak tempat belanja atau pusat kerajinan tangan hampir di setiap daerah. Di tempat-tempat ini, Sobat Turisian bisa membeli kerajinan tangan yang berkualitas tapi harga miring alias murah.

Di bawah ini ada 4 pusat kerajinan tangan di wilayah Jateng yang wajib dikunjungi. Jika Sobat Turisian menginginkan produk suvenir khas untuk cendera mata tapi harga bersahabat.

1. Pasar Beringharjo, Yogyakarta

Beringharjo merupakan pasar tertua di wilayah Yogyakarta, sudah berdiri sejak tahun 1758. Pada masa pemerintahan Kasultanan Yogyakarta. Beringharjo diambil dari kata “beringin” atau Pohon Beringin yang melambangkan tempat berteduh dan “harjo” yang memiliki makna kesejahteraan.

Pasar tradisional ini terletak di pusat Kota Yogyakarta dan menjadi salah satu destinasi belanja Jogja yang wajib dikunjungi. Selama di sini, Sobat Turisian bisa belanja beragam kerajinan tangan. Seperti kain batik, pakaian, aksesori, barang antik, hingga suvenir pernikahan. Barang-barang di pasar ini dipatok dengan harga yang murah.

Lokasinya di Jl. Margo Mulyo No. 16, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

2. Pasar Klewer, Solo

Kota Solo atau Surakarta juga punya satu pasar yang cukup populer, yakni Pasar Klewer. Di pasar ini, Sobat Turisian  bisa puas mencari kerajinan tangan sebagai cendera mata dengan harga terjangkau.

Pasar Klewer sendiri merupakan pasar tekstil terbesar di Solo. Di sana banyak penjual berbagai kerajinan. Seperti kain batik, ragam aksesori, sampai aneka perlengkapan rumah tangga. Hebatnya, sebagian besar barang-barang kerajinan di sini sudah diekspor ke berbagai negara. Sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Baca juga: 4 Tempat Wisata Belanja Suvenir di Yogyakarta, Wajib Mampir Buat Beli Oleh-Oleh! 

Lokasi Pasar Klewer berada di Jalan DR. Radjiman No. 5A, Gajahan, Kecamatan Ps. Kliwon. Persis di sebelah Keraton Surakarta Hadiningrat.

3. Pasar Triwindu, Solo

Triwindu termasuk pasar yang melegenda di Solo karena sudah ada sejak tahun 1934. Pembangunannya bertujuan untuk meramaikan perayaan naik tahta Adipati Sri Mangkunegara VII yang ke-24. Nama Triwindu berasal dari istilah penanggalan Jawa, 24 tahun yaitu tiga windu atau tri windu.

Di pasar yang ini, tersedia berbagai barang antik. Mulai dari lampu antik, lampu teplok, topeng, serta piring kaca yang menghiasi dinding. Ada pula koleksi kerajinan tangan, mulai dari wayang, keris kuno, patung, koin kuno, perkakas rumah tangga, hingga kain batik yang harganya relatif murah.

Bagi Sobat Turisian yang hobi koleksi barang-barang antik, Pasar Triwindu jadi pilihan tepat untuk berburu barang. Jangan lupa juga untuk swafoto berlatar dinding dengan hiasan barang-barang antik yang instagramable!

Lokasi pasar tersebut di Jalan Gatot Subroto, Banjarsari, Solo Pasar Triwindu. Berlokasi di sisi selatan kompleks Keraton Mangkunegaran, Kota Surakarta (Solo).

4. Pasar Johar, Semarang

Pusat belanja kerajinan tangan di Jateng berikutnya ada Pasar Johar di Kota Semarang. Di era 1980-an, Pasar Johar merupakan pasar terbesar dan termegah di Asia Tenggara. Sudah berdiri sejak tahun 1930 dan menjadi pusat perdagangan, khususnya di Jawa Tengah.

Di tempat ini, Sobat Turisian dapat menemukan beragam kerajinan tangan. Antara lain kain batik, pakaian, sepatu, cendera mata, dan aksesori lainnya. Harga barang-barangnya pun termasuk murah.

Baca juga: 11 Event Unggulan CoE Jawa Tengah Tahun 2022

Pasar ini terletak di Jl. K.H. Agus Salim, Kauman, Semarang Tengah, Kota Semarang. Lokasinya termasuk dalam kawasan Kota Tua Semarang dan menjadi cagar budaya Kota Semarang.*

Pos terkait