Puasa di Garut, Ini 10 Tempat Ngabuburit Menarik untuk Kaum Muda

Puasa di Garut
Menikmati keindahan pegunungan Papandayan menjadi pengalaman tersendiri. Selain instagramable, cuacanya masih cukup asri. Tampak pengunjung foto dengan latar belakang kaldera. (Instagram/@yaneupuapi)

TURISIAN.com – Puasa di Garut jangan khawatir kehilangan kejenuhan. Apalagi, buat kalian yang kebetulan sedang melakukan perjalanan liburan.

Sambil menunggu adzan maghrib tiba, beberapa tempat ini bisa menjadi pilihan mengisi kesibukan.

Bahkan, untuk merenung sejenak terhadap pencapaian dalam menjalankan kewajiban spiritual sebagai seorang muslim.

Nah, berikut 10 tempat wisata di Garut yang bisa kalian coba untuk menghabiskan waktu menjelang senja, selama puasa di Garut.

1. Alun-alun Garut

Lokasi Instagramable di Garut yang bisa dikunjungi untuk ngabuburit adalah Alun-alun Garut. Tempat ini kembali dibuka setelah ditutup gegara pandemi COVID-19.

Berbeda dengan sebelumnya, Alun-alun Garut kini menyajikan pemandangan yang berbeda. Usai direnovasi dan diresmikan kembali. Tempat yang sebetulnya bernama lapangan Otto Iskandar Dinata ini menyuguhkan beragam spot menarik.

Mulai dari arena permainan anak-anak, amphitheater dan spot baca buku. Tempat ini juga menjadi Instagramable karena lebih berwarna. Di salah satu titiknya, detikers juga bisa berpose di Tugu ‘GARUT’ yang fotogenik.

BACA JUGA: Warung MZD, Kuliner Serba Pedas Khas Garut, Mau Tau Rasanya?

Lapangan Otista ini kembali dibuka usai ditutup beberapa waktu lalu karena menyebabkan kerumunan di masa pandemi COVID-19.

Padahal, sejak diresmikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil bukan Januari lalu, tempat ini jadi buruan warga Garut untuk bertamasya.

Disediakan Camping Ground

2. Taman Wisata Alam Gunung Papandayan

Berada di Sirnajaya, Desa Cisurupan, Taman Wisata Alam Gunung Papandayan ini merupakan tempat ngabuburit pertama yang cocok untuk anak muda kota Garut.

Dengan tarif tiket yang cukup murah yakni Rp.10.000. Berbagai aktifitas bisa kita lakukan disini, Tentu, sembari menunggu bedug seperti hunting foto keren, bermain outbound maupun sekedar bersantai.

Selain dilengkapi outbound dan spot foto, Taman Wisata Papandayan tersebut juga telah dilengkapi area camping ground, Leisure Park serta Bukit Kopi.

3. Karacak Valley

Sesuai nama tempat yakni Jalan Karacak Valley, Margawati, Sukanegla, Garut destinasi ini terbilang baru. Karacak Valley  menjadi objek paling ramai dikunjungi saat ini.

Karacak Valley ini tidak hanya disuguhkan dengan udara sejuk saja namun disini kita juga dapat melakukan berbagai aktifitas sembari menunggu berbuka puasa tiba.

Beberapa kegiatan menarik yang bisa kita lakukan seperti menikmati pemandangan kota Garut dari ketinggian, wisata ke Curug Ngebul, bersantai di Puncak Dogar ataupun berselfie di hutan pinus.

Dengan banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan maka rasa lapar tak terasa dan waktu berbuka pun akan sangat cepat.

Mengenal Berbagai Hewan saat Puasa di Garut

4. Taman Satwa Cikembulan

Tempat seru dan bagus selanjutnya yang juga cukup menarik untuk mengisi kegiatan ngabuburit di Garut adalah Taman Satwa di Desa Cikembulan, Kadungora, Garut.

Berkunjung ke Taman Satwa ini bisa dijamin sangat bermanfaat karena disini kita bisa mengenalkan berbagai hewan kepada si kecil.

Selain edukatif, berfoto dengan berbagai jenis binatang di Taman Satwa tersebut juga bisa menjadi hal paling menarik karena kita dapat menambah moment spesial di sosial media.

Dengan mengelilingi kawasan satwa mengenal setiap binatang yang ada dan berfoto, membuat waktu ngabuburit tak akan terasa begitu cepat berlalu.

BACA JUGA: Kenali Pesona Gunung Guntur yang Digadang Jadi Objek Wisata Sekelas Bromo oleh Pemkab Garut

5. Kawah Talaga Bodas

Buat kalian  yang ingin ngabuburit sambil melakukan aksi fotografi sepuasnya dengan background pemandangan cukup menawan, mengunjungi Kawah Telaga Bodas mungkin bisa jadi solusi tepat.

Tidak hanya itu saja, dengan duduk santai sembari menikmati keindahan danau putih dan udara sejuk juga menjadi kegiatan yang pas dilakukan saat tengah berada di Kawah Talaga Bodas ini.

Lokasi kawah ini berada di Jln.Talaga Bodas No.05, Ds.Sukamenak, Kec.Wanaraja, Kab.Garut.

Mengelilingi Danau nan Romantis

6. Situ Bagendit

Bukan hanya dikenal sebagai objek wisata romantis, Situ Bagendit yang terletak di kecamatan Banyuresmi ini juga termasuk sebagai salah satu lokasi ngabuburit favorit anak muda kota Garut.

Pasalnya, di Situ Bagendit ini kita bisa melakukan beberapa hal romantis dengan pasangan seperti misalnya mengelilingi danau menggunakan sepeda air ataupun naik perahu rakit.

Bila waktu berbuka puasa tiba, kita tak perlu ambil pusing soal menu karena di tengah kawasan ini sendiri terdapat warung apung yang menyediakan beragam hidangan lezat dan menggoda.

7. Kampung Sampireun Resort & Spa

Selain sebagai tempat penginapan dan objek wisata, Kampung Sampireun Resort & Spa yang berada di Jalan Raya Samarang, Kamojang, Desa Sukakarta ini juga masuk sebagai salah satu lokasi ngabuburit paling favorit.

Dengan pesona alam yang begitu mengagumkan dan telah dilengkapi berbagai fasilitas berkualitas tak heran anak muda kota Garut senang menghabiskan waktu ngabuburit di resort tersebut. Bahkan traveler yang sedang puasa di Garut tidak kehilangan moment buat ngabuburit.

Untuk mengisi kegiatan ngabuburit di resort ini kita bisa melakukan banyak hal seperti menikmati sajian musik tradisional dan bermain aneka fun game.

BACA JUGA: Uji Adrenalin Menelusuri Lima Labirin Terhebat, Berani Tersesat ?

Aktivitas Seru Memancing

8. Candi Cangkuang

Lokasi ngabuburit rekomendasi terakhir yang cukup banyak diminati oleh anak-anak muda Garut adalah Candi Cangkuang di Kampung Pulo, Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut.

Untuk menunggu adzan maghrib tiba, di Candi Cangkuang ini kita bisa mengisi waktu dengan berbagai kegiatan seperti berwisata sejarah maupun hunting foto keren.

Selain hunting foto dengan spot keren, di kawasan Candi Cangkuang ini kita juga dapat melakukan aktifitas seru lainnya seperti memancing serta mengunjungi museum maupun rumah adat.

Meskipun tergolong candi yang kecil namun tempat tersebut juga cukup menghibur loh saat sedang menahan rasa lapar sembari menanti waktu berbuka tiba.

Bulan Ramadan identik dengan ngabuburit atau menunggu waktu berbuka. Ada berbagai pilihan tempat ngabuburit yang bisa dikunjungi di Garut.

Dari sekian banyak tempat ngabuburit, beberapa di antaranya sangat bagus dijadikan tempat berfoto, atau istilah anak zaman sekarang, Instagramable. detikJabar merangkum, setidaknya ada tiga tempat ngabuburit di pusat perkotaan Garut yang Instagramable banget lho!

BACA JUGA: Berpetualang ke Surga Savana Tegal Panjang

Kawasan Bukit Tegal Malaka

9. Cilopang

Cilopang berada di kaki Gunung Guntur, Desa Rancabango Kecamatan Tarogong Kaler, Garut. Tempat ini menyimpan segudang spot menarik untuk dijadikan tempat berfoto.

Di hari-hari biasa, masyarakat yang mendatangi tempat ini biasanya ngopi di Kafe Balong atau mengunjungi kawasan Bukit Tegal Malaka yang ada di sana untuk bersantai.

Pada momen Ramadan kali ini, tempat yang dulunya hutan tersebut cocok dijadikan tempat ngabuburit. Pemandangan indah Gunung Guntur akan terlihat jelas di sana. Selain Gunung Guntur, beberapa bangunan estetik milik Kafe Balong serta sebuah danau kecil di Cilopang bisa dijadikan spot foto yang ciamik.

10. Jalan Baru Ibrahim Ajie

Jalan baru Ibrahim Ajie di Kecamatan Tarogong Kaler belakangan ini jadi buah bibir lantaran pemandangannya yang indah. Tak sekadar jalan biasa, jalan ini dikelilingi gunung yang super indah.

Panorama Gunung Cikuray, Gunung Guntur, dan Gunung Papandayan akan terlihat jelas di tempat ini. Apalagi jika cuaca tidak sedang mendung atau hujan.

Di jalan yang baru saja rampung dikerjakan tahun 2022 ini, detikers bisa berswafoto bebas dengan berbagai pemandangan indah yang ada.

Selain itu, udara sejuk di lokasi ini akan terasa meskipun pada sore hari. Hamparan kebun dan persawahan masih terlihat jelas dan menyejukkan mata.

Selamat ngabuburit buat kalian yang lagi puasa di Garut.

***

Pos terkait