Berpetualang ke Surga Savana Tegal Panjang

Tegal Panjang
Bentangan savana Tegal Panjang Garut yang hijau memesona. (source: Disparbud Garut)

TURISIAN.com – Berpetualang ke savana Tegal Panjang terasa begitu menantang. Namun sangat menyenangkan karena padang rumput di Kabupaten Garut ini menyajikan panorama alam yang memesona.

Berada di kaki Gunung Papandayan, menjadikan Tegal Panjang memiliki alam yang indah dan berhawa dingin menyegarkan. Bentangan savana hijau tampak begitu luas di atas dataran berbukit-bukit disertai lembah yang dipagari hutan hujan nan lebat dan latar pegunungan yang menjulang.

Angin pun berhembus menyapa rerumputan hijau hingga tak henti bergoyang. Pohon-pohon dengan dahan khas yang meliuk-liuk menjadi hiasan eksotis di tengah padang Tegal Panjang. Sungguh memanjakan tubuh dan meninggalkan jauh kepenatan perkotaan.

Menikmati keindahan surga dunia ini dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Lanskap alamnya yang berbentuk lingkaran memanjang tak beraturan di kelilingi hutan belantara, membuat pengunjung harus melintasi gunung, lembah, dan hutan untuk tiba di lokasi.

Perjalanan yang cukup panjang menantang untuk berpetualang ke sana. Jadi, siapkan carrier atau daypack, dan packing perbekalan layaknya naik gunung. Disarankan menggunakan sepatu gunung atau sneakers, jaket tebal, kantung tidur, tenda, perbekalan yang cukup, P3K, dan peralatan memasak.

Baca juga: Tiga Geopark di Sumbar dengan Alam yang Indah

Paling utama, siapkanlah fisik yang prima dengan olahraga teratur sebelum mengunjungi Tegal Panjang. Sebab, wisatawan akan dituntut berjalan jauh dengan trek naik dan turun yang melelahkan.

Pos terkait