Festival Kerinci Masuk Kalender Kharisma Event Nusantara

Festival Kerinci
Candi Muaro Jambi di Provinsi Jambi. Foto: Getty Images/Ari Afandi

TURISIAN.com – Festival Kerinci dan Festival Muaro Jambi di Provinsi Jambi masuk dalam kalender Kharisma Event Nusantara 2022.

“Dari sepuluh event festival daerah yang  ke Kementerian Pariwisata. Dua festival yang masuk dalam kalender Kharisma Event Nusantara,” kata Erwin Ependi Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jambi pada , Senin 30 Mei 2022.

Erwin menjelaskan dua festival tersebut merupakan ajang daerah yang menggambarkan ciri khas daerah masing-masing.

Festival Kerinci memiliki ciri khas kebudayaan dan wisata alam Kabupaten Kerinci. Begitu pula dengan Festival Candi Muaro Jambi memiliki ciri khas tentang kearifan lokal, wisata candi dan kebudayaan masyarakat setempat.

BACA JUGA: Kawasan Candi Muarojambi Dibanjiri Lebih 6 Ribu Pengunjung

Festival Candi Muaro Jambi bakal belangsung pada akhir Juli 2022.Dan festival Kerinci  pada bulan September 2022. Festival Kerinci sendiri  menjadi bagian dari rangkaian kegiatan G20 di Indonesia.

Melalui festival daerah tersebut berharap dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan memulihkan perekonomian masyarakat pasca pandemi.

Rangkaian Kegiatan Festival Libatkan UMKM

Adapun rangkaian kegiatan festival tersebut melibatkan pelaku ekonomi kreatif dan UMKM di masing-masing daerah untuk turut serta memeriahkan kegiatan festival.

“Kita berharap ada festival daerah lainnya Jambi yang masuk dalam kalender KEN di tahun-tahun yang akan datang,” kata Erwin Ependi.

BACA JUGA: Air Terjun Berasap, Surga Tersembunyi di Balik Gunung Kerinci Jambi

Provinsi Jambi memiliki berbagai festival yang ada pada  kabupaten dan kota, diantaranya Festival Batanghari di Jambi, Festival Tapa Malenggang di Kabupaten Batanghari, Festival Kerinci di Kabupaten Kerinci.

Kemudian Kenduri Sko, Mandi Balimau Gedang, Festival Candi Muaro Jambi dan Festival Angso Duo.

Kegiatan festival di daerah tersebut akan di usulkan kembali oleh Pemerintah Provinsi Jambi ke Kementerian Pariwisata agar masuk dalam kalender Kharisma Event Nusantara tahun 2023.

BACA JUGA: Mencicipi Kuliner Unik dan Langka, Lemang Kantong Semar dari Jambi

Kepada pemerintah kabupaten dan kota diharapkan dapat mempersiapkan agenda festival di daerahnya dengan sebaik mungkin.

Agenda festival tersebut di desain menonjolkan kearifan lokal dan budaya masyarakat setempat yang tidak terdapat di daerah lain.

Sehingga dapat menjadi ciri khas dan menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk menyaksikan festival tersebut. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait