4 Event Sport Tourism Indonesia Paling Ditunggu di Tahun 2022

event sport tourism indonesia
Event Borobudur Marathon 2021. (dok. jatengprov)

TURISIAN.com – Sport tourism atau wisata olahraga di Indonesia semakin banyak peminatnya, baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Hingga bermunculan beragam event sport tourism Indonesia yang sudah ditunggu banyak orang.

Aktivitas ini mengajak Sobat Turisian berolahraga sekaligus wisata. Dengan menjelajahi berbagai destinasi wisata. Itulah yang membuat Indonesia sangat tepat untuk mengembangkan sport tourism karena memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini bakal banyak event sport tourism Indonesia digelar yang tak kalah serunya. Pasti juga sudah banyak pecinta olahraga yang menunggunya.

Berikut ini ada 4 event sport tourism Indonesia yang paling ditunggu di tahun 2022! Apa saja ya? Yuk kita simak!

Borobudur Marathon 2022

Jika Sobat Turisian senang olahraga lari, jangan lewatkan event sport tourism Indonesia, Borobudur Marathon 2022. Event lari maraton ini sudah berskala internasional dan selalu ditunggu pecinta olahraga lari dari banyak negara. Terbukti dari jumlah pelari peserta Borobudur Marathon terus meningkat dari tahun ke tahun.

Dalam ajang ini, peserta tak hanya sekadar berlari. Namun sekaligus menjelajah berbagai destinasi wisata yang ada di sekitar Candi Borobudur. Hingga artikel ini tayang, pihak panitia belum merilis tanggal resmi. Jadi Sobat Turisian harap bersabar dulu ya!

Audax Ultra Cycling Challenge 2022
event sport tourism indonesia
Audax 2022. (randonesia.org)

Event Audax Ultra Cycling Challenge 2022 masuk juga sebagai event sport tourism Indonesia yang menarik untuk mengikutinya. Audax 2022 sendiri merupakan kegiatan bersepeda jarak jauh tanpa support atau bantuan. Dengan jarak tempuh terbagi menjadi beberapa kategori: 200 km, 400 km, dan 600 km.

Baca juga: Top 10 Calendar of Event (CoE) Kalimantan Utara 2022

Penyelenggaraan Audax 2022 akan berlangsung di beberapa kota di Indonesia dengan jadwal dan jaraknya yang berbeda-beda. Pada 29 Januari 2022 lalu, Audax 2022 sukses terselenggara di Yogyakarta untuk kategori 200 km dan 600 km.

Usai Yogyakarta, Audax 2022 juga akan berlangsung kembali di beberapa kota lainnya. Seperti Jakarta, Bekasi, Semarang, Manado, Solo, Padang, Surabaya, serta Bandung.

Oceanman Bali 2022
event sport tourism indonesia
Oceanman Bali 2022. (ocean-openwater)

Tak hanya lari dan bersepeda, event sport tourism di Indonesia yang tidak kalah menarik yaitu Oceanman 2022. Sebuah ajang kompetisi berenang di perairan lepas dengan skala internasional.

Tempat penyelenggaraannya di Pantai Muaya, Bali pada Juli 2022. Oceanman 2022 juga memiliki beberapa kategori lomba, yaitu kategori kids (500 m), sprint (2 km), half (5 km), dan full (10 km).

Samosir Lake Toba Ultra 2022
Samosir lake Toba
Samosir Lake Toba 2022. (samosirultramarathon.com)

Event sport tourism yang paling bergengsi dan ditunggu di tahun 2022, ada di salah satu Destinasi Super Prioritas, Danau Toba. Bertajuk Samosir Lake Toba Ultra.

Pelaksaan event Samosir Lake Toba Ultra rencananya berlangsung pada 17 September 2022 mendatang. Event ini merupakan lomba lari yang melibatkan ribuan pelari terbaik dunia.

Baca juga: Yuk Coba Nikmati 5 Aktivitas Wisata Olahraga di Mandalika Lombok Berikut Ini!

Ada empat kategori lomba dalam ajang ini, yaitu 5 km, 12 km, 25 km, dan 50 km. Samosir Lake Toba Ultra akan mengajak peserta melintasi area Danau Toba. Melewati berbagai desa wisata, sekaligus melihat dan menikmati indahnya pemandangan pegunungan serta kawasan pantai sepanjang rute.*

 

Sumber: Kemenparekraf

Pos terkait