Tak Hanya Pantai, Natuna Punya Wisata Mangrove Semitan

Wisata Mangrove Semitan
Boardwalk ikon Wisata Mangrove Semitan. (dok. Disparbud Natuna)

TURISIAN.com – Destinasi wisata pantai yang memesona di Natuna cukup banyak. Namun selain pantai, pulau di Kepulauan Riau ini juga memiliki wisata mangrove Semitan yang seru untuk mendatanginya.

Objek wisata mangrove tersebut, terletak di muara Sungai Semitan, Bunguran Timur Laut, Natuna. Kehadirannya merupakan hasil inisiatif masyarakat sekitar. Tepatnya warga Desa Pengadah Kecamatan Bunguran Timur Laut, bersama pihak pemerintah desa.

Keberadaan wisata mangrove Natuna ini sebagai upaya kepedulian masyarakat akan pelestarian alam, sekaligus menjaga kawasan lindung dari tindakan yang merusak lingkungan. Serta menjadi sumber perekonomian warga.

Boardwalk dari kayu menjadi ikon dan daya tarik utama tempat wisata Natuna tersebut. Di atas boardwalk, Sobat Turisian bisa berjalan menyusuri keindahan hutan mangrove atau bakau ini. Lebih menarik lagi, jalur ini menjadi spot foto yang instagrammable. Jadi puas-puasin berfoto di sana untuk menambah koleksi foto.

Aktivitas Wisata Mangrove Semitan Natuna

Tak hanya itu, di tempat wisata Mangrove Semitan, Sobat Turisian juga bisa menikmati berbagai aktivitas wisata yang seru. Seperti menyaksikan keragaman fauna di sepanjang perjalanan, memancing, dan menjala ikan di muara Sungai Semitan.

Ada pula kegiatan wsiata edukasi mengenal hutan mangrove di tempat ini. Bahkan ke depannya, pengelola akan membangun tempat khusus edukasi dan pelestarian bakau (mangrove).

Sobat Turisian bisa menikmati sensasi terjun langsung menanam dan belajar tentang bakau. Sehingga saat pulang akan membawa oleh-oleh berupa pengetahuan tentang lingkungan. Terutama soal pelestarian mangrove yang berguna untuk mencegah abrasi laut.

Baca juga: Catat Nih, 5 Pantai Indah di Natuna Buat Tujuan Libur Lebaran Nanti!

Setelah puas berkeliling hutan bakau, lanjutkan dengan berintraksi langsung bersama masyarakat setempat. Tempatnya di Kampong Lama Semitan. Di sini, Sobat Turisian bisa menginap di homestay dan mencicipi aneka kuliner tradisional masyarakat setempat.*

Pos terkait