Maybank Marathon Kembali Digelar di Bali, Simak Detailnya

Marita Daniell, salah satu peserta yang mengikuti gelaran Maybank Marathon di Bali pada 2019. ( Instagram.com/ @maybankmarathon)

TURISIAN.com– Maybank Marathon akan kembali terselenggara dan kali ini akan mengambil tempat di Gianyar, Bali pada Agustus 2022.

Maybank Marathon sendiri merupakan ajang atletik bertaraf internasional yang unik dengan sentuhan budaya Bali di dalamnya.

Mengapa demikian? Karena para peserta Maybank Marathon nantinya akan disuguhi panorama indah.  Serta keramahan khas Bali selama berlangsungnya acara lomba.

Acara ini sangat spesial, karena merupakan satu-satunya perlombaan marathon di Indonesia yang bisa masuk ke dalam kalender World Athletics dan Association of International Marathon and Distance Race (AIMS). Ini masuk di dalam kategori major road running event.

BACA JUGA: Daftar Kalender Event Lumajang April 2022

Berita gembira bagi para pecinta dunia olahraga marathon ini diumumkan langsung oleh Taswin Zakaria. Selaku Presiden Direktur Maybank Indonesia pada sebuah kesempatan wawancara di Jakarta.

“Kami mengumumkan penyelenggaraan kembali Elite Label Road Race Maybank Marathon di Bali,” ucapnya seperti dikutip TURISIAN.com- dari Bali dari Antaranews.com pada Jumat, 1 April 2022.

Sejak 2022, Maybank Marathon adalah salah satu ajang lomba lari maraton pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Event ini memiliki predikat elite label dari Badan Atletik Dunia. Atau dikenal sebagai World Athletics. Dimana sebelumnya asosiasi tersebut biasa dikenal sebagai Asosiasi Federasi Atletik INternasional (IAAF).

Lomba Maybank Marathon ini nantinya akan diselenggarakan pada 28 Agustus 2022. Dimana, nantinya menempatkan lokasi start di Bali Safari and Marine Park yang berlokasi di daerah Gianyar.

Ajang lari marathon tahunan ini akan memperlombakan tiga kategori. Pertama,  lari maraton  sepanjang 42,195 km. Kedua, half-marathon sepanjang 21,1 km dan ketiga; lari marathon 10 km.

BACA JUGA: Pameran IKM Bali Bangkit Hadirkan Berbagai Souvenir untuk Event G20

Selaku salah satu penyelenggara gelaran Maybank Marathon, Taswin Zakaria berharap agar perhelatan Maybank Marathon di tahun 2022 ini akan bisa membangkitkan semangat dari para pecinta olahraga lari.

Berlari di Alam Terbuka

Sebab, dirasa sudah cukup lama penantian yang harus dilakukan untuk menikmati tantangan berlari di alam terbuka seperti ini.

Dan juga, ajang ini diharapkan bisa menjadi upaya untuk menggiatkan lagi penyelenggaraan lomba olahraga. Terutama, di luar ruangan selain lari marathon di Indonesia.

“Perhelatan Maybank Marathon pada tahun 2022 semoga dapat membangkitkan semangat dari para penggemar lari. Terutama, yang telah lama menantikan tantangan untuk berlari di alam terbuka khususnya di Pulau Bali,” kata Taswin Zakaria.

“Juga diharapkan bisa menjadi salah satu upaya untuk kembali menggiatkan penyelenggaraan lomba di luar ruang di Indonesia,” sambungnya kemudian.

BACA JUGA: Top 10 Calendar of Event (CoE) Kalimantan Utara 2022

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa pihak Maybank Indonesia memiliki keinginan untuk mengangkat kegiatan Maybank Marathon menjadi ikon wisata olahraga berkelas dunia di Indonesia. Khususnya di daerah Bali.

Infrastruktur Terus Dipersiapkan

Dirinya sangat optimis akan hal tersebut, sebab selain memiliki kesiapan infrastruktur yang mumpuni, dirinya menilai bahwa Bali memiliki kemampuan untuk mengakomodasi para penari profesional dari seluruh dunia.

Pihaknya juga berharap bahwa, perhelatan marathon kelas dunia yang nantinya akan diselenggarakan pada Agustus 2022 tersebut mampu memberi dampak positif bagi perekonomian industri pariwisata di Bali.

BACA JUGA: 11 Event Unggulan CoE Jawa Tengah Tahun 2022

“Selain karena dinilai memiliki kesiapan infrastruktur yang baik, Bali juga memiliki kemampuan untuk bisa mengakomodasi para pelari dari seluruh dunia,” katanya.

“Kami pun berharap perhelatan Maybank Marathon di Bali pada Agustus 2022 mendatang akan memberi dampak pada perekonomian dan menjadi momentum pemulihan industri pariwisata Bali,” imbuhnya.

Di lain pihak, Widya Permana selaku Project Director Maybank berani menjamin akan mempersiapkan infrastruktur yang mumpuni serta memastikan faktor kenyamanan dan juga keamanan supaya tetap terjaga.

BACA JUGA: Manparekraf Sandiaga Semangati Atlet Esport, Bisa Juara di Event Sea Games

Hal tersebut dirasa perlu olehnya, guna mendukung kelancaran penyelenggara Maybank Marathon yang telah berhasil dijalankan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Ini adalah ajang lari maraton yang sangat bergengsi. Karena selain menyandang predikat elit dari asosiasi World Athletics, Maybank Marathon.

Juga berhasil masuk dalam daftar ajang kualifikasi seri marathon World Championship Abbott World Marathon Major (Abbott WMM) Wanda Age Group World Rankings. Dan masuk ke dalam direktori resmi Boston Marathon, keren sekali bukan?

Sebelumnya dikabarkan, perhelatan Maybank Marathon pertama kali dilakukan pertama kali pada tahun 2012 silam, dan menjadi agenda tahunan sampai dengan sekarang.

***

Pos terkait