Top 10 Calendar of Event (CoE) Kalimantan Utara 2022

CoE Kalimantan Utara 2022

TURISIAN.com – Sepanjang tahun 2022, Kalimantan Utara (Kaltara) akan dimeriahkan rangkaian event pariwisata. Pasalnya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara melalui Dinas Pariwisata telah meluncurkan Calendar of Event (CoE) Kalimantan Utara (Kaltara) 2022, pada 14 Desember 2021 lalu.

Ada sebanyak 35 event yang terangkum dalam CoE Kalimantan Utara 2022 dan ditetapkan juga Top 10 Event Kaltara 2022. Semua event tersebut telah lolos melewati tahapan proses presentasi dan akurasi. Evenet-event ini berasal dari dinas pariwisata kabupaten/kota maupun berbagai komunitas yang ada di Kaltara.

Top 10 CoE Kaltara 2022

Adapun ragam event yang berhasil lolos sebagai Top 10 CoE Kaltara 2022, diantaranya:

  1. Cap Go Meh, (Februari)
  2. Aco Lundayeh, (April)
  3. Pesta Rakyat KTT, (Agustus)
  4. Musik Alam Fest, (September)
  5. Birau Bulungan, (Oktober)
  6. Kaltara Begimpor, (Oktober)
  7. Irau Malinau, (Oktober)
  8. Kaltara Motofest, (Oktober)
  9. Gelar Budaya Dumud (Oktober)
  10. Iraw Tengkayu. (Desember)

Dari kesepuluh event unggulan Kaltara 2022 di atas, akan banyak diselenggarakan pada Oktober 2022. Ada sebanyak lima event yang akan diglear di bulan tersebut. Seperti tahun sebelumnya, event-event ini akan dimeriahkan atraksi budaya, seni, hingga pameran produk kreatif khas Kaltara.

Baca juga: Bandung Calendar of Event 2022 Sajikan 10 Event Utama

CoE Kaltara 2022 Lainnya
  • Januari: Karnaval Budaya Desa Long Loreh (Malinau).
  • Maret: Hari Organic, Irau Tidung Bersatu (Nunukan); Festival Seni Budaya (Tana Tidung).
  • April: Irau Pangehrani (Nunukan); Rame O’o Ajo (Malinau).
  • Juni: Festival Lawasuji (Nunukan); Pemilihan Duta Wisata Semandak Buayoi, Tana Tidung 2Gether (Tana Tidung); HUT Desa Pulau Sapi (Malinau).
  • Juli: Festival Agabag (Nunukan).
  • Agustus: Irau Rayeh Lundayeh (Nunukan).
  • September: Beijo Sapor (Nunukan); Tana Tidung Fashion Carnival, Creative Day, Seputuk Cornfest (Tana Tidung); Kayan Karnival, Festival Budaya Adat Tana Tidung (Bulungan).
  • Oktober: Irau Nunukan, Sumpah Bedolop (Nunukan); Kaltara Menyeduh, Bulungan Sultanate Fest (Bulungan); HUT Desa Setulang, Pekan Promosi Budaya Desa Wisata Serindit (Malinau).
  • November: Festival Budaya Sungai Kayan (Bulungan).

Dengan adanya Calendar of Event (CoE) Kalimantan Utara 2022 ini, Pemerintah Provinsi Kaltara berharap dapat memperbaiki perekonomian rakyat. Sekaligus mempromosikan wisata dan budaya Kaltara ke masyarakat luas.*

Sumber: Dispar Kaltara

Pos terkait