Tol Japek II Selatan, Bisa Bikin Perjalanan Jakarta-Bandung Cuma 1 Jam

Tol Japek II Selatan
Pemandangan udara arus lalu lintas jalan raya di kota jakarta. Foto: iStock

TURISIAN.com – Jarak tempuh Jakarta-Bandung ini bakal semakin singkat. Begitu pembangunan jalan Tol Japek II Selaan (Jakarta-Cikampek) selesai. Masyarakat di dua kota besar ini Cuma membutuhkan waktu 1 jam saja perjalanan.

Disamping itu, jalan ini harapannta dapat mengurai kemacetan dan memangkas waktu perjalanan Jakarta-Purwakarta.

Sehingga, keberadaannya juga dapat mempersingkat perjalanan Jakarta-Bandung.

Jalan tol sepanjang 62 km ini akan menghubungkan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta di Jati Asih, Bekasi dengan Jalan Tol Purbaleunyi di Sadang, Purwakarta.

Direktur Utama PT Jasamarga Japek Selatan, Charles Lendra menjelaskan, rencananya tol ini didesain dengan kecepatan 80 km/jam, sehingga waktu tempuh ke Jakarta-Bandung bisa lebih cepat.

BACA JUGA: Jalur Tol Japek Masih Diberlakukan Buka Tutup Bagi Kendaraan Arah Jakarta

“Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan yang menghubungkan Jatiasih-Sadang sepanjang 62 km ini didesain dengan kecepatan rencana 80 km/jam. Sehingga jarak 62 km dari Jatiasih menuju Sadang dapat ditempuh sekitar 45 menit,” kata Charles seperti dikutip Turisian.com dari detikcom, Kamis 15 September 2022.

“Untuk sampai ke Bandung, perjalanan dapat dilanjutkan melalui Jalan Tol Cipularang dari Sadang menuju Bandung dengan sisa perjalanan sekitar 75 km di jalan tol tersebut,” terangnya.

Dengan demikian, perjalanan dari Jakarta menuju ke Purwakarta hanya perlu ditempuh dalam 45 menit. Setelah itu, perjalanan menuju Bandung masih perlu dilanjutkan dalam 75 km.

BACA JUGA: Yuk Intip Beragam Fasilitas di Stasiun Kereta Api yang Bikin Nyaman!

Tidak hanya itu, Charles menjelaskan, jalan ini akan terintegrasi dengan beberapa ruas jalan tol. Sehingga, jalan ini akan mengurai kemacetan di beberapa titik.

Taman Mekar-Sadang

“Jalan tol ini terintegrasi dengan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR). Dan Jalan Tol Cipularang yang merupakan alternatif bagi pengguna jalan yang menuju arah Purwakarta, Bandung dan sekitarnya,” jelasnya.

“Selain  melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting dan Jalan Layang MBZ,” sambung Charles.

Sementara untuk pembangunannya sendiri, Charles menyampaikan, pihaknya melaksanakan pembangunan mulai dari Sadang terlebih dahulu atau seksi 3 (Taman Mekar-Sadang).

BACA JUGA: Tiga Rekomendasi Perpustakaan Cozy di Kota Bandung

“Saat ini sedang dilaksanakan proyek pembangunan mulai dari Sadang terlebih dahulu,” tambahnya.

Seksi 3 yakni Taman Mekar-Sadang yang tengah dibangun ini ditargetkan dapat beroperasi pada awal 2023 mendatang.

Berdasarkan catatan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Pembangunan ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan terbagi ke dalam tiga seksi.

Antara lain seksi 1 Jatiasih-Setu sepanjang 9,3 Km, seksi 2 Setu-Taman Mekar sepanjang 24,85 Km. Dan seksi 3 Taman Mekar-Sadang sepanjang 27,85 Km.

Nantinya, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dengan investasi sebesar Rp 14,69 Triliun dan masa konsesi 35 tahun ini akan memiliki 7 (tujuh) buah Gerbang.

Masing-masing Tol (GT) yaitu, GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara, dan GT Sadang. ***

Pos terkait