Jelajah Keindahan Gunung Gajah Pemalang Jawa Tengah

Gunung Gajah
Gunung Gajah Pemalang, Jateng. (Source: Disparpora Pemalang)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian yang suka penjelajahan di alam bebas seperti pegunungan, mesti coba meluncur ke Gunung Gajah di Pemalang. Kawasan ini sejatinya merupakan bukit bebatuan dengan ketinggian mencapai 1.100 mdpl. Dengan sajian panorama alam yang memukau.

Nama gunung ini muncul karena bentuknya yang menyerupai hewan berbelalai tersebut. Destinasi wisata alam tersebut menawarkan wisata pendakian jarak pendek dengan medan bebatuan yang menantang dan ekstrem. Dari puncak, Sobat Turisian bisa menikmati pemandangan indah.

Di Gunung Gajah Pemalang, Sobat Turisian pun bisa camping dengan suasana yang asri dan tenang. Spotnya bisa memilih di sekitar gunung atau lebih menantang lagi bisa menuju puncak. Hanya saja, di puncak muat satu tenda berukuran sedang saja.

Bukan hanya seru untuk aktivitas mendaki dan ngecamp, tempat ini juga menyuguhkan spot selfi yang eksotik di bagian lerengnya. Kala sore hari, Sobat Turisian juga dapat menyaksikan kawanan kera yang bergelantungan di pepohohan.

Kini pengelolaan wisata Gunung Gajah Pemalang oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Gongseng. Mereka pun menawarkan paket wisata menikmati suasana Desa Gongseng. Kalian dapat bermalam di homestay atau ngecamp. Selanjutnya bisa menikmati suasana desa dengan odong-odong atau bersepeda.

Baca juga: Pakansi Seru di Pantai Wulan Jati Pemalang yang Indah

Buat yang suka tantangan untuk mendaki ke atas gunung tersebut akan ada panduan dari pengelola. Jalur pendakian ke puncak tidaklah panjang. Namun jalurnya berupa bebatuan dan ekstrem. Sobat Turisian hanya butuh waktu kurang lebih 30 menit hingga 1 jam untuk mendaki.

Kemudian di titik tertentu, Sobat Turisian dapat melewati jalur dengan bantuan tali tambang. Pada musim hujan, bebatuan juga agak licin. Tapi tenang, setibanya di puncak Gunung Gajah, rasa penat kalian akan terbayar dengan sajian pemandangan indah.

Selain untuk pendakian, destinasi ini juga dapat menjadi tempat untuk kegiatan olahraga repling atau turun dari bukit mengunakan tali. Tersedia pula berbagai fasilitas dan wahan lainnya, seperti flying fox, guide pendakian, kantin, area parkir, musala, toilet, penyewaan tenda, sewa sepeda, dan lainnya.

Lokasi & Akses ke Gunung Gajah

Objek wisata gunung tersebut terletak di Desa Gongseng, Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Ada beberapa akses untuk dapat sampai ke sana.

Untuk akses ke Gunung Gajah yang memadai saat ini, Sobat Turisian bisa pilih dari sisi utara. Sedangkan akses lain via Randudongkal belum begitu bagus. Selama perjalanan kalian bakal mendapat suguhan suasana desa yang asri, hamparan pohon jagung, dan pohon jati di kanan kiri jalan.

Baca juga: Rasakan Sensasi Pacu Adrenalin yang Seru di Rainbow Rafting Pemalang!

Sementara untuk harga tiket masuk kawasan wisata gunung ini sangat terjangkau, hanya sebesar Rp3.000 per orang. Lalu untuk ongkos parkir motor senilai Rp2.000, mobil Rp5.000. Untuk harga paket wisata bisa langsung menghubungi pengelola kawasan.*

Pos terkait